Baca Juga
Home / Editor Picks / 10 step awal memulai investasi

10 step awal memulai investasi

software_akuntansi_bekasi_001

1. Pastikan dulu keuanganmu beres!
Berinvestasi tanpa sebelumnya membereskan kondisi keungan pribadimu sama saja dengan masuk ke kolam renang tapi kamu tidak bisa berenang.  Berinvestasi baiknya tidak menggunakan uang kebutuhan sehari-hari. Gunakan lah uang  yang khusus kamu sediakan untuk investasi, atau uang yang tidak akan kamu gunakan dalam jangka pendek. Atur dulu kondisi keuanganmu, dan aturlah budget khusus untuk investasi.  Sebagai contoh, misalnya dalam sebulan penghasilan Pak Andre sebesar Rp 5.000.000, dan pengeluaran bulanannya kurang lebih seperti ini :

NewPicture053 (1) Dapat dilihat dari tabel diatas, setelah dikurangi kebutuhan-kebutuhan pokok, sisa gaji Pak Andre kurang lebih Rp 500.000, uang ini bisa dipergunakan untuk investasi. Dan karena tidak diperlukan jumlah yang signifikan untuk memulai investasi, Pak Andre bisa dengan mudah menginvestasikan uangnya di instrumen apapun yang ia kehendaki.

2. Pelajari basicnya.
Kamu tidak perlu jadi expert dalam bidang keuangan untuk berinvestasi. Tapi paling tidak kamu harus mempelajari dasarnya agar kamu bisa membuat  keputusan investasi  yang tepat.  Pelajari  jenis-jenis investasi yang menarik minatmu. Contoh-contoh instrumen investasi misalnya deposito, obligasi, saham, forex, properti,  dan lain-lain. Dengan belajar dan memahami instrumen investasi yang ada, kamu akan dengan mudah menemukan yang sesuai dengan minat dan kondisimu. Membaca buku – buku tentang pengenalan investasi dan membaca artikel-artikel di Kelas Investasi juga adalah langkah awal yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development