Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / 5 Investor Hebat selain W.Buffett

5 Investor Hebat selain W.Buffett

Warren Buffett diakui sebagai salah satu investor terbesar yang pernah ada. Gaya buy-and-hold yang dimilikinya membuatnya sukses menduduki jajaran orang terkaya di dunia sampai saat ini.  Dia dapat membeli ratusan perusahaan yang murah secara fundamental. Kemampuan Buffett untuk menemukan perusahaan yang terpat di waktu yang tepat membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan sebesar $7.9 Milyar

Meskipun kinerja portfolio Buffet sudah berhasil mengalahkan S&P500 selama hampir 50 tahun dalam karirnya, beberapa kritikus mulai mempertanyakan kehebatannya dalam berinvestasi. Sejak masa resesi di tahun 2009 sampai saat ini Buffett melewati beberapa tahun dimana ia gagal untuk mengungguli kinerja indeks S&P500.

Inilah 5 investor lain diluar Warren Buffett yang dianggap banyak pihak memiliki kemampuan yang bisa disejajarkan dengan Warren Buffett :

Pg-27-soros-getty

GEORGE SOROS
Hedge Fund manager George Soros adalah seorang investor yang sangat berbeda dari Warren Buffett. Soros tidak memiliki strategi investasi tertentu, keputusan investasinya diambil berdasarakan ‘feeling’ dia dan teamnya melihat satu kondisi actual. Dia dikenal karena aksinya melawan pergerakan Pundsterling sebesar 10 Milyar Dollar  pada tahun 1998. Langkah nekat yang dibuat Soros tersebut memaksa Bank Inggris untuk membeli 1 Milyar Pound dan menaikan suku bunga menjadi 2 persen.

File photo of Carl Icahn, founder of Icahn & Co., speaking at the Wharton Economic Summit in New York

CARL ICAHN
Carl Icahn adalah salah satu investor terbaik selama 25 tahun terakhir. Meskipun demikian, prestasi yang diraihnya ditutupi oleh kepintaran perusahaannya. Icahn, yang juga dikenal sebagai “Penjarah Perusahaan” biasanya melibatkan diri dengan perusahaan yang tidak memiliki kepemimpinan yang baik. Suka tidak suka, keterlibatan Icahn biasanya membawa perusahaan itu berbalik dan memberikan Icahn 31% keuntungan per tahun sejak 1968 sampai 2011. Untuk perbandingan, Warren Buffett hanya mendapatkan keuntungan per tahun sebesar 20%.
John-Bogle-The-Vanguard-Group
JOHN “JACK” BOGLE
Jack Bogle adalah pendiri dan pensiunan CEO dari grup The Vanguard. Bogle memulai Vanguard lebih dari 40 tahun yang lalu, dan hari ini Vanguard adalah perusahaan pengelolaan dana kedua terbesar, hanya BlackRock Inc. (BLK) yang dapat menyaingi Vanguard dengan pengelolaan dana lebih dari $3 Triliun.

Bogle memiliki gaya investasi yang sangat sederhana. Dia yakin untuk menaruh uang pada index yang murah dan memiliki komisi yang rendah serta perputaran aset yang kecil. Pertimbangan itu saja dapat membuat banyak orang mempercayakan uang mereka kepada dia dan perusahaannya.

benjamin-ben-graham

BENJAMIN GRAHAM
Benjamin Graham adalah seorang penulis dari salah satu buku investasi terkenal, “The Intelligent Investor”. Graham yang diketahui sebagai “Bapak dari investasi nilai” dimana hal tersebut bisa saja adalah alasan mengapa dia pernah menjadi mentor Warren Buffett. Graham tidak pernah mengambil resiko besar ketika memilih sebuah investasi. Dia menggunakan analisa finansial yang sangat mendalam untuk memilih perusahaan yang baik.
Di tahun 1951, Buffett mengambil kelas di Columbia University yang diajar oleh Graham. Dia berkata bahwa ada tiga hal penting yang diajarkan oleh Graham:

  • Saham adalah hak untuk memiliki sebagian kecil perusahaan. Nilai dari saham yang kamu miliki senilai dengan perusahaan tersebut secara keseluruhan.
  • Kamu harus menetapkan batas aman ketika berinvestasi. Sangat penting untuk membeli perusahaan ketika harga saham perusahaan tersebut dibawah nilai intrinsiknya.
  • Pasar adalah pelayan kamu, bukan majikanmu. Penting untuk tidak menyibukan diri dengan semua yang terjadi pada pasar. Lebih baik untuk fokus kepada penelitian anda dalam sebuah perusahaan.

1655

PETER LYNCH
Peter Lynch dikenal karena mengelola the Fidelity Magellan Fund dari 1977 sampai 1990. Dalam jangka waktu ini, dia mampu memberikan keuntungan rata-rata 29% per tahun kepada pemegang modal. Itu mengalahkan S&P500 11 kali dalam 13 tahun tersebut.
Lynch dikenal dapat beradaptasi dengan gaya investasinya terhadap segala jenis kondisi pasar yang terjadi, julukan “chameleon” menjadi masuk akal ketika kita mendengar semua ini. Meskipun dia mungkin hidup dengan gaya yang terus berubah, dia selalu memegang delapan prinsip yang diterapkan kepada berusahaan yang dia investasikan.

KESIMPULAN

KESIMPULAN

Investor besar tidak datang setiap hari. Bahkan lebih sedikit lagi yang dapat mengelola dana dan memberikan keuntungan berlipat kepada investornya secara konsisten selama lebih dari 10 tahun. Lima orang di atas telah membuktikan dirinya untuk menjadi investor terbaik pada beberapa generasi belakangan.

(Sumber: Investopedia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development