Baca Juga
Home / Pengetahuan Lanjutan / 3 Kunci Sukses Trader Saham

3 Kunci Sukses Trader Saham

ta-2Hampir semua trader saham berpengalaman setuju bahwa penguasaan akan Technical Analysis (TA) adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi jika anda ingin menjadi seorang trader, pentingnya penguasaan TA memang tidak dapat dipungkiri lagi, terutama jika anda ingin memproleh keuntungan dalam jangka pendek dalam trading.

Namun jika anda sudah pernah membaca buku atau mengikuti Workshop mengenai Technical Analysis, anda akan menyadari bahwa dalam teori  trading memang terlihat mudah, dan  semua indikator terlihat menguntungkan, dan mudah digunakan. Itu sebabnya setelah mengikuti membaca buku atau mengikuti training technical analysis umumnya seorang trader langsung merasa ‘siap kaya’ dan siap menaklukan market. Namun euforia tersebut tidak pernah berlangsung lama.

Beberapa hari setelah mengikuti workshop seorang trader akan menyadari bahwa menebak pergerakan harga kedepan tidaklah semudah teorinya, ilmu – ilmu TA yang dipelajari seakan-akan hilang begitu saja hanya dalam waktu beberapa hari. Tidak peduli seberapa tebal buku yang anda baca, atau seberapa mahal seminar yang anda ikuti, trading tidak akan pernah terasa mudah seperti teori yang diajarkan.

Tidak peduli seberapa ahli anda menggambar garis, seberapa complex dan mahal indikator yang anda gunakan, tidak akan ada indikator yang selalu benar. Tidak akan ada satu trading system yang menjamin anda untung setiap kali Trading, semuanya bisa salah, semuanya bisa rugi.

Karena itulah bagaimana seorang trader menyikapi kesalahan, dan kegagalan dalam Trading (rugi) adalah kunci berhasil atau tidaknya anda sebagai seorang trader. Karena setiap orang siap untuk untung, namun hanya sedikit yang siap untuk rugi. Trader yang berhasil adalah Trader yang sudah ribuan kali melakukan kesalahan namun terus bisa bangkit dan memperbaiiki diri, reaksi seorang trader dalam menghadapi kerugian adalah kunci keberhasilan seorang trader.

Berikut ini ada beberapa reaksi trader yang kurang benar dalam menghadapi kerugian :

  • Menganggap Technical Analysis Tidak Berguna, TA dan Indikator sering kali dijadikan ‘tumbal’ ketika kita sedang mengalami kerugian, hal ini disebabkan karena ketika kita mempelajarinya TA sepertinya selalu memberikan keuntungan, tetapi ketika kita mencobanya, sering kali kita malah mengalami kerugian. Itu sebabnya kita sering kali menganggap indikator yang kita gunakan tidak cukup powerful.
  • Belajar Lebih Banyak Lagi, pengalaman hidup mengajarkan kita bahwa jika kita belum berhasil, belajarlah lebih keras. Tidak ada yang salah dengan pemahaman tersebut, namum sayangnya di dunia trading saham belajar lebih keras sering diartikan menjadi :  mengikuti training yang berbeda, membaca buku yang lebih tebal, atau membeli indikator yang lebih mahal.  Tidak ada yang salah dengan melakukan hal-hal tersebut jika anda memang memiliki budget berlebih untuk investasi-investasi tersebut, namun pola pembelajaran technical analysis seperti ini adalah pola pembelajaran yang tidak efektif, terutama jika anda memiliki budget dan waktu belajar yang terbatas.
  • Menyerah dan Berhenti Trading, jika anda sudah belajar dan masih gagal juga, menyerah dan berhenti trading selalu merupakan opsi yang dapat anda pilih. Gagal menjadi trader bukan berarti gagal dalam hidup. Trader adalah sebuah profesi, dan sama dengan profesi lainnya, dibutuhkan bakat, kerja keras dan passion untuk sukses dalam satu profesi. Jika anda ternyata tidak cocok anda selalu bisa mencari profesi lainnya.

THE TRUTH ABOUT TECHNICAL ANALYSIS

the-truth

Jika anda memutuskan untuk terus trading, namun sampai sekarang masih belum juga berhasil meskipun anda sudah memahami dan banyak belajar mengenai Technical Analysis berikut ini adalah beberapa fakta mengenai Technical Analysis yang perlu anda ketahui.

Tidak ada ‘ HOLY GRAIL ‘ dalam Trading, secara natural semua orang yang mempelajari Technical Analysis akan selalu mencari sebuah metode atau indikator yang secara akurat dapat menebak pergerakan harga di masa yang akan datang, sebuah indikator sakti yang jika anda pelajari atau beli secara otomatis akan menjadi mesin uang untuk anda.

Jika anda masih berusaha mencari metode tersebut maka sudah saatnya anda berhenti, karena tidak ada metode yang akan terus menerus secara akurat menebak pergerakan harga, atau yang biasa disebut sebagai ‘holy grail’.

‘Holy Grail’ tersebut tidak ada, dan tidak akan pernah ada, seperti kita ketahui transaksi di stock market terjadi karena ada trader / investor yang memprediksi harga akan naik (buy) dan di pihak lain ada yang memprediksi harga akan turun (sell), jadi jika anda metode yang dengan pasti dapat menebak pergerakan harga, maka perbedaan pendapat tersebut tidak akan terjadi, jika metode tersebut menyarankan untuk beli, maka semua orang akan melakukan pembelian, namun karena tidak ada pihak yang menjual maka harga tidak akan bergerak kemana-mana. Ketidakpastian adalah motor dari  stock market, jika ketidakpastian itu hilang, maka stock market akan berhenti. Satu-satunya cara untuk sukses di pasar modal anda harus terus belajar menghadapi ketidakpastian tersebut.

Semua orang punya gaya trading sendiri, gaya trading seseorang adalah cerminan dari karakter orang tersebut, itu sebabnya keputusan orang bisa berbeda-beda dalam keadaan yang sama, itu sebabnya penafsiran orang akan Technical Analysis juga dapat berbeda. Ada seseorang yang senang saham yang sedang naik, ada juga yang malah senang mengkoleksi yang sedang turun. Begitu juga dengan indikator, setiap orang harus menemukan indikator yang paling sesuai dengan gaya tradingnya.

Indikator yang baik adalah indikator yang sesuai dengan gaya trading kita, mengetahui satu indikator yang sesuai untuk anda jauh lebih baik daripada mengetahui 1.000 indikator yang belum pernah anda gunakan.

practice+makes+perfect+when+it+comes+to+putting_3747_800457969_0_0_7017134_300Practice Makes Perfect, terus berlatih adalah satu-satunya cara untuk dapat mengetahui indikator apa yang paling sesuai dengan gaya trading kita, untuk dapat membiasakan diri dengan ketidakpastian di bursa saham, untuk dapat memiliki reaksi yang benar ketika kita mengalami kerugian maka kita harus terus berlatih.
Berlatih trading bukanlah dengan membaca buku, mencari info atau mengikuti training. Berlatih trading harus dilakukan dengan menganalisa sendiri saham-saham yang ada, belajar menerapkan ilmu – ilmu yang kita pelajari dalam proses analisa kita, membuat trading strategi, dan menerapkan semua itu dalam trading anda.

Itulah aktivitas sehari – hari yang diperlukan seorang trader jika ingin sukses di pasar modal, tidak ada gunanya membaca buku TA, mengikuti seminar, jika anda tidak pernah mempraktekannya sendiri. Mempelajari TA tanpa mempraktekannya adalah seperti membaca buku resep masakan tanpa pernah memasak makanannya.

Menjadi seorang trader adalah sebuah profesi, dan sama dengan profesi lainnya untuk mencapai kesuksesan dalam profesi ini diperlukan kerja keras dan perjuangan pantang menyerah, namun untungnya trading adalah salah satu pekerjaan paling fair di dunia, keberhasilan anda ditentukan oleh kerja keras anda, dan bukan oleh masa lalu anda, atau posisi dan kedudukuan anda. Masih ada waktu untuk berhasil, jika ini mimpi anda, jangan pernah menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development