Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / America’s Richest

America’s Richest

Seperti yang kita tahu, beberapa minggu lalu Jeff Bezos sempat menggeser Bill Gates dan menjadi orang terkaya di dunia. Meskipun pada hari yang sama turunnya harga saham Amazon menyeret Bezos kembali ke urutan kedua, kejayaan sementara tersebut sudah berhasil membawa Bezos ke klub America’s Richest, yang berisi daftar nama-nama yang pernah memegang gelar orang terkaya dunia.

Dalam buku The Wealthy 100: From Benjamin Franklin to Bill Gates – A ranking of the Richest Americans, Past and Present, yang ditulis Michael Klepper dan Robert Gunther, tercatat beberapa nama yang dihitung sebagai orang terkaya di dunia pada masanya. Dalam buku yang diterbitkan pada tahun 1996 ini, Klepper dan Gunther mengumpulkan data orang-orang Amerika terkaya, membandingkan mereka era per era dengan menghitung estimasi total kekayaan mereka waktu wafat dan menjadikannya bagian dari pendapatan total ekonomi rentang waktu setahun (GNP) Amerika Serikat pada waktu itu.

Dengan perhitungan ini, John D. Rockefeller adalah orang terkaya di Amerika sepanjang sejarah. Meskipun kekayaan Rockefeller hanya US$ 1,4 miliar – jauh dibawah kekayaan Sam Walton,  pendiri Walmart, yang pada waktu buku The Wealthy 100 di publikasi total kekayaannya adalah US$ 22 miliar. Ini karena total kekayaan Rockefeller pada saat kematiannya adalah 1/65 GNP Amerika Serikat pada waktu itu. Sedangkan total kekayaan Sam Walton adalah 1/275 GNP AS.

Perlu diketahui bahwa dalam data ini ada beberapa celah: Klepper dan Gunther menargetkan perhitungan 100 orang terkaya dalam sejarah, namun ada waktu-waktu pada abad ke-19, dimana orang Amerika yang dianggap paling kaya, tidak masuk kategori terkaya jika dibandingkan dengan era-era lainnya. Dan juga karena sang penulis buku tidak secara spesifik mencatatkan kapan orang-orang ini mendapatkan kekayaan mereka, dapat diasumsikan bahwa mereka memiliki kekayaan yang relatif sama pada 20 tahun terakhir kehidupan mereka – jadi, karena Henry Ford memiliki total kekayaan yang jauh lebih tinggi dari Robert Wood Johnson Jr. secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Johnson bisa disebut orang terkaya di Amerika hanya setelah Ford wafat.

1779 – 1799: Elias Hasket Derby

derby

Elias Hasket Derby dikenal dengan sebutan “King” Derby. Ia menjadi pedagang antar benua yang sangat sukses, namun uniknya, Derby sendiri tidak pernah berlayar. Derby memiliki ide yang inovatif. Derby menggunakan agen perjalanan laut (supercargo) yang bertugas mewakili pemilik kapal dalam proses transaksi, jadi ia bisa menjalankan perdagangannya dengan mulus tanpa harus turun tangan sendiri.

Sebagai milyuner pertama Amerika, Derby terkenal tidak takut mengambil resiko. Kapal laut Derby, “Grand Turk”, menjadi kapal Amerika ketiga yang mencapai Canton, China, pada tahun 1786, dan Derby menjadi orang Amerika pertama yang melakukan perdagangan dengan China. Derby lah yang membuka jalur perdagangan Amerika di Samudera Hindia dan China sehingga menjadikan Salem, Massachusetts -kota tempatnya tinggal sebagai salah satu pelabuhan tersibuk pada masa itu.

Total kekayaan Derby pada saat kematiannya adalah 1/515 GNP AS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development