Baca Juga
Home / Headline / Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

 

NewPicture030

Dalam dunia investasi di pasar modal, perusahaan sekuritas memegang peran penting dalam proses transaksi investor. Bagi kamu yang belum memahami apa itu perusahaan sekuritas, perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor.

SIAPA SAJA YANG ADA DI DALAM PERUSAHAAN SEKURITAS?

Realtor-Real-Estate-Agent-Real-Estate-Broker-1
Dalam perusahaan sekuritas, ada pialang atau broker yang melakukan transaksi jual beli saham antara klien dengan pembeli saham. Broker hanya menjadi perantara dalam transaksi, namun tidak bertugas membeli atau mejual saham investor secara langsung. Tugas broker yang lainnya adalah memberikan rekomendasi kepada investor yang menjadi kliennya, tentang kapan harus membeli atau menjual saham, atau saham apa yang menarik untuk dibeli.

Rekomendasi yang diberikan broker pada kliennya bukan berdasarkan asumsi pribadi. Perusahaan sekuritas memiliki riset analis, yang melakukan analisa aktivitas pasar, reputasi perusahaan pemilik saham, analisa ekonomi, dan analisa pasar. Hasil dari analisa inilah yang menjadi dasar rekomendasi yang diberikan kepada klien, berserta dengan informasi-informasi lainnya mengenai saham di pasar atau bursa efek.

Namun ada juga sekuritas yang memiliki riset analis yang seadanya, namun mereka memanfaatkan riset dari berbagai sumber dan merangkumnya menjadi rekomendasi bagi klien. Rekomendasi yang diberikan oleh sebuah sekuritas juga mempengaruhi reputasi sekuritas itu sendiri. Jika rekomendasi yang diberikan selalu menguntungkan, klien akan lebih percaya dan nilai jual sekuritas tersebut akan ikut naik.

JENIS- JENIS BROKER
Umumnya ada 3 jenis broker yang melayani klien, yaitu; full service brokers, discount brokers, deep discount brokers. Masing-masing jenis broker memberikan layanan yang berbeda. Full service brokers adalah broker yang memberikan jasa lengkap, mulai dari pelaksanaan amanah dari investor, pemberian informasi, pemberian nasihat, dan pemberian hasil analisis. Broker ini cocok bagi investor yang tidak mengerti soal analisis, namun biaya untuk broker ini juga cukup mahal. Discount broker menyediakan pelayanan yang hampir sama namun tidak selengkap full service brokers, dan biaya broker ini lebih murah dari full service broker. Sedangkan deep discount brokers hanya menyediakan layanan untuk pemeliharaan rekening dan eksekusi pesanan menjual atau membeli.

Nah, setelah memahami tentang perusahaan sekuritas. Berikutnya adalah menentukkan perusahaan sekuritas atau broker mana yang tepat untuk kamu. Sama dengan perusahaan lainnya, perusahaan-perusahaan sekuritas juga memiliki kinerja dan layanan yang berbeda. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih perusahaan sekuritas atau broker untuk investasimu. Apa saja faktor-faktor tersebut?  Cari tahu jawabannya di Tips Memilih Broker Saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development