Baca Juga
Home / Memulai Investasi / Biaya – Biaya dalam Reksa Dana

Biaya – Biaya dalam Reksa Dana

reksa

Sama dengan investasi lainnya, dalam reksa dana ada beberapa biaya yang harus ditanggung. Sebagai investor anda harus paham betul biaya apa saja yang dibebankan pada anda, apalagi yang nantinya bisa saja mengurangi jumlah investasi anda.

Setiap reksa dana dan manajemen investasi memiliki kebijakan masing – masing mengenai biaya yang mereka bebankan pada investor. Biaya yang dibebankan pada investor berbeda – beda, tergantung dengan jenis reksa dana yang diambilnya.

Berikut adalah 3 biaya yang harus di tanggung oleh investor :

1. Biaya pembelian unit penyertaan atau Subscription Fee.

Subscription fee adalah biaya yang pertama kali dibebankan pada investor. Subscription fee dikenakan pada saat investor akan membeli reksa dana. Subscription fee yang dipungut berbeda – beda di setiap jenis reksa dana. Untuk reksa dana saham, umumnya subscription fee yang diminta cukup besar. Sedangkan untuk reksa dana pasar uang, tidak dipungut subscription fee.

Berikut kami jabarkan mekanisme perhitungan Subscription Fee dalam reksa dana. Pada dasarnya,  mekanisme perhitungan Subscription Fee di tiap – tiap reksa dana sama, yang berbeda adalah presentasenya.

NewPicture124

Diatas adalah contoh mekanisme perhitungan Subscription Fee. Biaya ini biasanya akan langsung dipotong dari investasi reksa dana investor. Jadi jika anda menyetorkan investasi awal sebesar Rp 5.000.000 dengan Subcscription Fee 1%, total nilai investasi awal anda Rp 4.950.495.

2. Biaya penjualan unit penyertaan atau Redemption Fee.

Transaksi penjualan atau pencairan investasi dalam reksa dana dikenal dengan istilah redemption. Dalam reksa dana, aksi redemption bisa dilakukan kapan saja sesuai keinginan investor. Jika seorang investor melakukan redemption, dana dari transaksi tersebut akan masuk ke rekening  investor maksimal 7 hari kerja.

Nah, Redemption Fee adalah biaya yang harus dibayarkan investor saat akan menjual kembali reksa dana yang dimilikinya. Redemption fee hanya dikenakan pada investor yang mencairkan investasinya sebelum jangka waktu investasi berakhir. Bagi investor yang memegang reksa dananya lebih lama dari waktu yang ditentukan, tidak akan dikenakan  redemption fee.

Sama seperti Subscription Fee, Redemption Fee biasanya dipotong langsung dari total investasi yang anda jual. Berikut adalah mekanisme perhitungan Redemption Fee : NewPicture125

3. Biaya Switching Fee.

Terkadang investor ingin mengalihkan investasinya dari satu reksa dana ke reksa dana lainnya (namun yang masih ada dalam satu bank custodian). Transaksi ini memudahkan investor karena investor tidak perlu menjual terlebih dahulu reksa dananya saat ingin berganti ke produk reksa dana yang lain.

Namun, opsi switching ini tidak dapat dilakukan oleh semua reksa dana. Sampai saat ini baru beberapa manajer investasi yang menyediakan opsi switching. Biasanya switching fee ditentukan sesuai dengankebijakan masing – masing manajer investasi. Umumnya switching fee ada dikisaran 1-2%.

4. Biaya lain – lain.

Diluar investasi dan biaya – biaya yang dibebankan pada investor oleh pihak reksa dana, ada juga biaya – biaya yang harus dikeluarkan oleh investor dalam rangka berinvestasi di reksadana. Contohnya adalah biaya transfer bank terkait transaksi. Biaya transfer bank atau kriling muncul saat rekening bank yang dimiliki investor berbeda dengan rekening bank milik reksa dana.

Jika investor membeli reksadana dengan opsi transfer, akan dikenakan biaya kriling antar bank. Hal yang sama terjadi saat investor hendak mencairkan investasinya, maka dana hasil investasinya akan terpotong untuk biaya kriling antar bank. Berapa besar biaya kriling yang harus dikeluarkan tentu saja sesuai dengan kebijakan masing – masing bank yang terkait.

Selain itu, ada juga biaya pajak yang dibebankan pada investor terkait biaya – biaya diatas.

Penting untuk memahami dan mengerti apa saja biaya yang harus kita tanggung saat hendak berinvestasi. Dengan begitu, kita bisa mengukur keuntungan yang bisa kita dapatkan untuk menutupi biaya – biaya yang dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development