Baca Juga
Home / Perencanaan Keuangan / Cara Cerdas Berinvestasi

Cara Cerdas Berinvestasi

cerdas investasi

Seperti kepingan uang logam, setiap apa yang ada di dunia ini pasti memiliki dua sisi. Begitu juga dengan investasi, memiliki kelebihan dan kekurangan. Memiliki keuntungan dan resiko yang harus dihadapi. Namun, bukan berarti itu mampu menyurutkan langkah kita berinvestasi. Yang kita perlukan adalah cerdas dan cermat dalam menentukan produk investasi dan menjalankan dengan cerdas juga. Berikut cara cerdas Berinvestasi sebelum kita memulai investasi kita.

1. KEMAMPUAN
Pilihlah jenis investasi berdasarkan kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki. Lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan pengetahuan kita akan investasi, kita akan tau kemampuan kita. Bila kita tidak paham dengan saham, jangan coba-coba main saham dengan pengetahuan apa adanya yang kita miliki. Kenali dahulu diri kita terlebih dahulu.

2. MODAL
Berapa modal yang kita miliki? Sedikit atau banyak? Bila modal yang kita miliki sedikit, jangan berutang demi berinvestasi pada produk yang besar. Syarat utama berinvestasi adalah keadaan finansial yang sehat dan bukannya berutang. Jangan memaksakan diri, kita bisa menambah sumber pendapatan kita sebelum memulai berinvestasi. Sesuaikan investasi yang sesuai dengan modal yang dimiliki.

Kenali diri sendiri terlebih dahulu. Lalu pilih produk investasi yang sesuai dengan diri sendiri. Setelah itu pelajarilah sebelum mempraktikkannya

3. WAKTU
Waktu di sini ada dua arti. Yang pertama adalah lamanya waktu. Berapa lama kita akan menginvestasikan uang atau modal kita. Dalam jangka pendek, menengah atau panjang? Itu akan menentukan jenis investasi yang akan kita pilih. Yang kedua adalah waktu luang yang kita miliki. Apakah kita memiliki banyak waktu luang untuk mengamati pasar guna melakukan transaksi? Bila tidak, pilihlah jenis investasi yang tidak menghabiskan waktu, tapi menghasilkan untung banyak.

4.Risk and Return
Risiko dan Imbal hasil merupakan kriteria yang juga harus diperhatikan. Kita harus mengetahui apakah kita berani mendapatkan risiko yang besar untuk memperoleh lebih, atau justru hanya ingin bermain aman saja? Disarankan untuk mempelajari keuntungan dan kerugian dari produk investasi kita sebelum memulainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development