Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / Cara Hidup Mapan Sebelum Usia 30

Cara Hidup Mapan Sebelum Usia 30

hidup mapan

Untuk anda yang berusia di bawah 30 tahun, tentu ingin memiliki kehidupan finansial  yang mapan. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi di usia-usia ini, seperti membeli mobil, membeli rumah, mulai membangun keluarga, dan lain-lain. Itu sebabnya memikirkan rencana masa depan menjadi semakin sulit. Sebenarnya ada banyak cara – cara simpel yang bisa anda lakukan untuk  menghindari masalah finansial di masa depan yang pastinya akan menimbulkan stress, sekaligus membantu anda sedikit demi sedikit mencapai kehidupan yang mapan. Berikut adalah 9 hal yang perlu anda perhatikan untuk mencapai kehidupan yang mapan sebelum usia 30.

HIDUP HARUS SEIMBANG

Hidup yang sukses dan menyenangkan bukan tentang seberapa banyak uang yang anda hasilkan, atau seberapa tinggi jabatanmu di kantor. Inti dari kehidupan yang sukses sebenarnya adalah hidup yang memiliki keseimbangan. Keseimbangan antara waktu dengan keluarga dan dengan teman – antara waktu kerja dan waktu santai. Mencapai keseimbangan yang tepat antara kehidupan anda sekarang dan kehidupan anda di masa depan juga penting. Pengeluaran masa sekarang dan yang disimpan untuk masa depan juga harus seimbang, jangan sampai berat sebelah.Menjaga keseimbangan adalah langkah awal menuju kesuksesan dan kehidupan finansial yang mapan.

Without balance, a life is no longer worth the effort. – Olen Steinhauer
ASET TERBESARMU ADALAH DIRIMU SENDIRI

Keahlian, pengetahuan, dan pengalaman adalah aset terbesar yang dimiliki anda yang berusia di bawah 30. Karena itu anda harus melihat diri anda sendiri sebagai aset finansial yang paling berharga. Fokuslah meningkatkan pengetahuan dengan belajar sebanyak mungkin, terus asah kemampuan dalam pekerjaan, dan bijaklah dalam memilih karier. Semua usaha yang anda lakukan untuk berkembang pasti akan berbuah di masa depan. Jika anda adalah orang yang berkualitas, cepat atau lambat karir dan uang akan menghampiri anda. This is why it’s impotant to improve yourself.

When we strive to become better than we are, everything around us becomes better too. – Paulo Coelho
BE A PLANNER, NOT A SAVER

Riset membuktikan bahwa orang-orang yang merencanakan masa depan menjadi lebih kaya dibanding mereka yang tidak. Orang sukses adalah mereka yang goal-oriented: mereka menetapkan goal (tujuan) dan membuat rencana untuk mencapai goal tersebut. Sebagai contoh simpel, jika anda berencana menabung untuk beli mobil dan menetapkan tenggat waktu 2 tahun, kemungkinan anda berhasil akan lebih besar, dibanding jika anda hanya ‘ingin’ punya mobil tapi tidak membuat rencana maupun menetapkan tenggat waktu. Menetapkan goals dan menjalankan rencana berarti anda memegang kontrol dalam kehidupan anda. Anda akan memiliki pandangan yang lebih jelas tentang apa yang anda ingini dan apa yang harus anda lakukan untuk mendapatkannya.

Failing to plan is planning to fail. – Allen Lakein
SHORT TERM GOALS BEFORE LONG TERM GOALS

Hidup penuh dengan ketidakpastian, banyak sekali yang bisa berubah 30 tahun dari sekarang. Karena itu, merencanakan masa depan bisa jadi urusan yang memusingkan bagi anak muda. Untuk itu ada alternatif yang lebih aman, yaitu membuat short-term goals yang lebih pasti dan bisa diprediksi. Sebagai contoh;  buatlah target untuk membayar tagihan kartu kredit bulan ini, dan untuk melunasi seluruh tagihan kartu kredit dalam 6 bulan kedepan,  jika goal itu sudah tercapai, buatlah goal baru untuk menyicil mobil, dst. Dengan memiliki kebiasaan menetapkan dan mencapai short-term goals, secara tidak langsung anda sedang bergerak menuju long term goals.

All good work is done the way ants do things, little by little. - Lafcadio Hearn
RENCANA PENSIUN: NANTI DULU?

Jika anda baru saja lulus dari sekolah atau perguruan tinggi, mungkin rencana pensiun adalah hal terakhir yang anda pikirkan. Jadi untuk sekarang, urusan pensiun bisa ‘nanti dulu’. Jika anda mengikuti cara-cara yang sudah diberikan sebelumnya, kehidupan finansial anda akan lebih stabil dalam jangka pendek, dan anda akan jauh lebih siap secara finansial untuk kehidupan anda di masa depan. Namun, jika anda merasa sudah siap dan mampu, mulailah menabung. Coba atur tabungan bulanan atau tabungan otomatis untuk program pensiun, seperti Dana Pensiun. Langkah ini akan memudahkan anda di masa depan. Tidak perlu khawatir tentang seberapa banyak yang anda tabung. Anda bisa meningkatkan jumlah yang anda tabungkan kapan saja, misal saat anda menerima kenaikan gaji. Yang paling penting disini adalah membangun kebiasaan menabung.

Plan for the future, because that is where you are going to spend the rest of your life. – Marx Twain
PENGELUARAN < PEMASUKAN

Untuk mencapai kehidupan finansial yang mapan, poin yang satu ini perlu diperhatikan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Daripada menghabiskan sisa gaji untuk membeli hal-hal yang tidak penting atau bermewah-mewah, lebih baik menabung. Pengeluaran yang lebih besar dari pemasukan sebenarnya bukan disebabkan karena penghasilan anda yang kurang besar, tapi karena kitidakmampuan dalam mengatur pengeluaran. Ada banyak orang yang karirnya selalu naik, gajinya tinggi namun tetap kekurangan karena hal tersebut. Banyak orang mengalami masalah finansial karena gaya hidup yang mereka jalani tidak sesuai dengan kemampuan mereka. Jika anda bisa tetap menjaga standar gaya hidup dibawah pemasukan yang anda  terima, maka anda akan selalu memiliki uang lebih, yang bisa anda  tabung atau investasikan.

It’s not your salary that makes you rich, it’s your spending habit. – Charles A. Jaffe
MELEK FINANSIAL

Memang jauh lebih mudah mencari dan menghabiskan uang daripada menabung atau mengembangkan uang yang kita punya.  Karena itu mengatur kondisi finansial dan berinvestasi bukan tugas yang hanya dilakukan di masa muda, namun pembelajaran yang berlangsung seumur hidup. Keahlian kita dalam mengelola keuangandan keputusan investasi yang tepat adalah kunci keberhasilan mencapai hidup mapan. Riset menunjukkan, mereka yang melek finansial berakhir lebih kaya dibanding mereka yang tidak. Menyisihkan sebagian waktu untuk menambah pengetahuan  tentang finance dan investment akan sangat bermanfaat bagi hidup anda sekarang dan di masa depan.

If you don’t educate yourself, you’ll never get out from the starting block because you will spend all your money making foolish decisions. –  Daymond John
DON’T BE AFRAID TO TAKE RISK!

Selagi masih muda, jangan takut mengambil kesempatan yang ada di depan mata, meskipun kesempatan tersebut terlihat beresiko. Mungkin anda  akan membuat kesalahan di tengah jalan, tapi ingat, kegagalan adalah guru yang terbaik. Kalaupun anda membuat kesalahan, anda akan selalu bisa bangkit. Di usia muda, kesalahan finansial bukan sesuatu yang tidak bisa diperbaiki. Anda punya banyak waktu untuk bangkit dan memulai lagi.

Cobalah sesuatu yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Anda bisa pindah ke kota baru untuk karir yang lebih baik, ikut kursus untuk menambah skill baru, mengambil S2, dan masih banyak lagi. Jangan menahan potensi yang anda miliki hanya karena anda takut mengambil resiko. Atau anda bisa memulai usaha, bekerja di perusahaan start-up, atau berinvestasi di saham-saham fluktuatif , semua itu adalah resiko yang bisa anda ambil saat anda masih muda. Karena seiring berjalannya waktu semakin banyak tanggung jawab yang harus dijalankan, ada keluarga yang harus diurus, sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Bukan berarti anak muda tidak harus berhati-hati, namun apa salahnya mengambil kesempatan yang beresiko? Kita tidak akan bisa berkembang jika terus-menerus berada di zona nyaman.

Take risks. Ask big questions. Don’t be afraid to make mistakes; if you don’t make mistakes, you’re not reaching far enough. – David Packard
HATI – HATI DALAM BERHUTANG

Meminjam uang untuk membiaya gaya hidup bukan langkah yang benar jika anda mengingini hidup yang mapan. Jika tidak hati-hati dalam meminjam uang kedepannya anda akan menghabiskan penghasilan anda untuk membayar hutang hanya karena gaya hidup yang anda pilih. Anda bisa meminjam uang jika tujuannya untuk berinvestasi, yang berpotensi meningkatkan pendapatan di masa yang akan datang. Entah investasi untuk membangun usaha, untuk edukasi dan penembangan diri atau investasi di instrumen-instrumen seperti saham, properti, obligasi, reksadana, dimana uang anda  bisa bertumbuh dan berlipat ganda. Jika penggunaannya benar hutang bisa membantu mencapai hidup yang mapan. Jadi lebih bijaklah  dan hati-hati dalam urusan hutang.

There is no practice more dangerous than that of borrowing money. – George Washington

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development