Baca Juga
Home / Pilihan Investasi / Investasi Deposito

Investasi Deposito

deposito

Apa Itu Deposito?

Deposito adalah produk simpanan perbankan. Produk simpanan ini memberikan layanan penyetoran dan penarikan dana. Penarikan dana deposito hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpan dengan bank.

Deposito sering kali menjadi alternatif tabungan yang ideal. Apabila dana yang disimpan ditarik sebelum waktu penarikan, nasabah terkena denda yang di sebut denda penalti. Sebaliknya, semakin besar dan semakin lama nasabah menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.Deposito ini juga dikenal sebagai alternatif tabungan yang ‘aman’ dari godaan penarikan tunai. Hal ini membantu para nasabah untuk mengatur keuangan pribadi terutama untuk kebutuhan jangka panjang.

Ketentuan dalam deposito berbeda-beda tiap banknya. Umumnya dana minimal yang diperlukan untuk membuat deposito berkisar antara 8 juta – 10 juta rupiah. Namun saat ini terdapat bank yang menawarkan dana minimal untuk deposito yaitu sebesar 1 juta rupiah saja. Tenor atau jangka waktu yang berlaku dalam deposito antara lain 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Semakin lama jangka waktunya, perbankan menawarkan bunga relatif lebih tinggi secara proporsional.

Keamanan deposito sangat terjamin dengan adanya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, untuk mendapatkan deposito yang berada dalam lindungan LPS, terdapat beberapa syarat antara lain: jumlah uang maksimum yang disimpan dalam tabungan dan deposito suatu bank tidak boleh melebihi batas jaminan LPS yaitu Rp 2 miliar dan bunga deposito tidak boleh melebihi suku bunga penjaminan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development