Baca Juga
Home / Pilihan Investasi / Investasi Deposito

Investasi Deposito

deposito

Jenis Jenis Deposito :

  1. Deposito Berjangka
    Deposito ini merupakan deposito biasa yang umum dikenal oleh masyarakat Indonesia, dimana memiliki jangka waktu tertentu seperti pada definisi deposito yang telah disebutkan diatas. Deposito berjangka ini memiliki dua system yang sering dipakai, yaitu Deposito Automatic Roll Over dan Deposito Non Automatic Roll Over. Deposito Automatic Roll Over adalah deposito yang akan diperpanjang secara otomatis oleh bank jika jangka waktunya telah habis namun belum dicairkan oleh deposannya. Sedangkan Deposito Non Automatic Roll Over adalah kebalikannya, yaitu tidak akan diperpanjang secara otomatis jika jangka waktunya telah habis.
  1. Serifikat deposito
    Sama halnya dengan deposito berjangka, sertifikat deposito juga memiliki jangka waktu tertentu. Namun yang membedakannya adalah bentuk sertifikat deposito berupa sertifikat. Yang artinya didalam sertifikat tersebut tidak tertulis nama seseorang atau badan hukum tertentu. Sehingga sertifikat deposito  bisa diperjualbelikan atau dipindahtangankan pada pihak lain. Disamping itu pencairan uang dari sertifikat deposito bisa dilakukan di muka, tiap bulan atau tiap jatuh tempo, baik itu tunai maupun non tunai .
  1. Deposito On Call
    Deposito on call adalah deposito yang dikhususkan untuk simpanan dengan jumlah yang besar, setiap bank berbeda-beda, minimal bisa 50 juta, 70 juta, atau bahkan 100 juta. Berbeda dengan jenis deposito lainnya, deposito on call memiliki jangka waktu yang relative sangat singkat, minimal 7 hari dan maksimal hanya kurang dari 1 bulan. Keistimewaan Deposito on call yaitu besarnya jumlah bunga dapat ditentukan berdasarkan hasil kesepakatan yang dibuat antara nasabah dengan pihak bank dengan cara bernegosiasi.

Cara Menghitung Keuntungan Bunga Deposito

Bagi Anda yang mungkin belum mengerti bagaimana cara menghitung keuntungan dari deposito. Terdapat rumus untuk menghitung keuntungan deposito.

Rumus menghitung bunga deposito :

Keuntungan bunga deposito = suku bunga deposito x nominal uang yang ditanamkan x hari/365
Pajak deposito = Tarif pajak x bunga deposito
Pengembalian Deposito = Nominal Investasi + (Bunga deposito – Pajak)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development