Baca Juga
Home / Pilihan Investasi / Investasi Emas

Investasi Emas

gold 3

Macam-macam Investasi Emas

Investasi Emas Batangan
Emas Batangan (Gold Bullion ) adalah Emas dalam bentuk logam mulia (ingot). Untuk membeli balok emas / emas batangan perlu disertai seritifikat yang dikeluarkan oleh PT (Persero) Aneka Tambang Unit Logam mulia. Ada banyak jenis emas batangan, namun yang paling banyak digemari adalah emas batangan Antam, karena memiliki sertifikat internasional sehingga dapat dijual di pasaran luar negeri. Para investor emas batangan mengerti bahwa emas bukanlah alat investasi jangka pendek. Biasanya mereka akan menyimpan investasi emas batangan mereka di bank atau di pegadaian karena aman dan terpercaya untuk penyimpanan jangka panjang.

Investasi Emas Perhiasan
Emas Perhiasan (Gold Jewelery) merupaka cara yang popular untuk membeli emas. Tetapi dipandang bukan cara terbaik untuk investasi dalam emas, karena biasanya adanya biaya pengrajin, mark up penjualan dan faktor lainnya. Investasi emas perhiasan digolongkan sebagai investasi yang mudah. Cara investasi emas perhiasan adalah membeli emas di toko emas dan menyimpannya di rumah, bank atau pegadaian. Harga emas perhiasan yang di jual tidak hanya di hitung dari harga emas sesuai dengan beratnya, tetapi juga di tambah dengan upah pembuatan emas tersebut. Maka dari itu, Investasi emas perhiasan membutuhkan waktu jangka panjang. Emas perhiasan sebaiknya dijual saat harga emas sudah naik berlipat-lipat.

Investasi Koin Emas
Investasi koin emas sebenarnya hampir sama dengan emas batangan, hanya ukuranya saja yang berbeda. Ukuran koin emas terdiri dari 1gr, 2gr, 2,5gr, 5gr dan 10gr. Investasi koin emas dikenai PPN 10% dan nilai gadainya lebih rendah jika dibandingkan dengan emas batangan. Harga jual koin emas dipengaruhi oleh biaya pembuatannya yang berkisar antara 3% hingga 5%.

Investasi Sertifikat Emas
Investasi emas tidak selalu dalam bentuk fisik, bisa juga berbentuk sertifikat emas. Sertifikat Emas merupakan selembar kertas yang menjadi bukti kepemilikan atas emas yang tersimpan di bank pada suatu negara. Sertifikat emas adalah alternatif investasi yang menguntungkan dan aman karena seseorang tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan emas, berbeda dengan investasi emas dalam bentuk fisik yang memerlukan biaya penyimpanan di safe deposit box yang ada di bank. Sertifikat emas tersebut dapat dipindahtangankan tanpa harus memindahkan emas yang tersimpan di bank. Dibandingkan dengan emas berbentuk fisik seperti emas batangan, sertifikat emas jauh lebih aman dan menguntungkan karena Anda tidak perlu lagi menyewa tempat penyimpanan emas.

Investasi Emas Berjangka
Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, emas dapat diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading). Seseorang tidak perlu memegang fisik emas, tetapi hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan. Investasi emas berjangka cukup beresiko karena investor harus mampu memprediksi gerak emas cepat ke depan. Selain itu, dalam investasi emas ini investor tidak mendapat emas secara fisik dan terdapat kontrak dengan jangka waktu tertentu yang harus dipatuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development