Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / Investasi Franchise

Investasi Franchise

Franchise concept

APA ITU FRANCHISE?

Franchise adalah nama internasional untuk bisnis waralaba. Franchise atau waralaba adalah sebuah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa. Metode ini membentuk suatu model hubungan kerjasama bisnis antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (pemilik modal/investor).

Seorang franchisee (pemilik modal) diuntungkan dengan sistem kerjasama franchise. Ia tidak perlu repot-repot menyiapkan, menentukan, dan memasarkan produk yang akan dijual dari nol. Semua mudah, cukup tinggal jalankan saja dan menjual produk yang sudah teruji dan dikenal masyarakat luas.

 

TIPS MEMILIH FRANCHISE

1. Kenali Minat dan Ketertarikan Anda
Penting bagi investor memiliki minat dan ketertarikan dengan franchise yang mau dibeli. Sehingga mau belajar dan memahami bagaimana seluk beluk franchise yang akan dibuka. Sekalipun tidak terjun langsung dalam bisnis franchise, investor dapat mengamati dan menganalisa pasar dan kebutuhan bisnis.

2. Persiapkan Modal Sesuai Franchise yang Dipilih
Ada banyak pilihan franchise yang bisa dijadikan alternatif untuk berinvestasi, mulai dari yang paling kecil modalnya hingga yang paling besar. Namun perlu dipahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal, akan tetapi ditentukan oleh kreatifitas dan inovasi.

3. Kenali Sistem dan Ketentuan yang Ditetapkan
Pada umumnya, franchise sudam memiliki standar oprasional yang ketat supaya menjaga brand awareness yang sudah mereka bangun. Hal ini penting untuk dipelajari, semakin ketat dan baik sistem dalam franchise tersebut maka semakin layak untuk investor pilih. Selain sistem, biasanya setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee. Sebaiknya investor menanyakan aturan pembagian fee dan ketentuan pengubahan kebijakan tersebut kepada franchisor agar tidak terjadi kesalahpahaman di masa yang akan datang.

4. Lakukan Penelitian Terhadap Peluang Bisnis Franchise dan Potensi Pasarnya
Penelitian dan investigasi akan bisnis franchise memberikan pertimbangan kepada pemilik dana dalam memilih dan membeli suatu franchise. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai bisnis tersebut seperti potensi pasarnya, keunggulannya, tingkat persaingannya, kendala-kendala yang muncul, dan lain sebagainya. Sumber informasi yang paling baik adalah pelaku franchise yang sudah lebih dulu menjalaninya dan sudah eksis. Ada baiknya juga mendapatkan informasi dokumen keuangan franchisor (pemilik franchise).franchise-logos1

5. Pertimbangan Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang tepat dan sesuai membutuhkan beberapa pertimbangan seperti kesesuaian dengan jenis usaha, target pasar dan potensi bisnis di wilayah tersebut. Misalnya anda memilih untuk berbisnis cafe, biasanya target pasarnya adalah mahasiswa, karyawan dan komunitas. Melihat hal ini lokasi yang tepat sebaiknya berada di dekat kampus dan perkantoran. Jadi dengan kata lain, tentukanlah lokasi bisnis yang sesuai dengan target konsumen anda, kebutuhan anda dan konsumen anda. Apabila pertimbangan ini tidak memungkinkan untuk membeli tempat, lebih baik menyewa saja bagi investor pemula.

6. Fokus dan Semangat
Bagi banyak pengusaha, yang penting adalah plan lalu action, action dan action. Jangan terlalu banyak pikiran yang tidak penting dan pertimbangan yang membuang – buang waktu.

7. Mengikuti Pelatihan
Langkah terakhir adalah mengikuti training yang disiapkan oleh franchisor. Biasanya franchisor sudah mempersiapkan pelatihan bagi setiap investornya agar dapat menjalankan sistem bisnis franchise dengan baik. Pelatihan ini ditujukan bagi pembeli franchisee dan juga calon karyawan yang akan Anda pekerjakan.

KEUNTUNGAN MEMBELI FRANCHISE

Resiko Kegagalan Lebih Kecil
Menurut berbagai data statistik, menunjukkan bahwa bisnis waralaba mempunyai kesempatan lebih besar untuk sukses dari pada orang yang memulai bisnisnya sendiri (mandiri). Menurut hasil riset, bisnis independen memiliki resiko 70-80% mengalami kegagalan ketika memulai usahanya, sementara para franchise hanya 20-30% (Michael M. Coltman, Franchise di Kanada).

Memperoleh Berbagai Bantuan Bisnis
Pada umumnya membeli franchise adalah peran investor, dengan diberikannya bantuan oleh franchisor mengenai informasi peralatan, bahan baku, layanan konsultasi, pelatihan, dan promosi usaha. Franchisor yang baik akan selalu setia mendampingi pemilik modal, karena semakin maju bisnis franchise tersebut, maka semakin besar keuntungan yang diperoleh.

Keuntungan Saat Membeli Bahan dan Barang
Dengan membeli franchise, kebutuhan barang dagang akan menjadi lebih murah dikarenakan jumlah pemesanan yang besar. Secara tidak langsung, akan terjadi proses pembelian secara kolektif oleh para franchisee (pemilik modal atau investor) yang diwakilkan oleh Franchisor. Pembelian kolektif tersebut akan menjadikan daya beli lebih meningkat karena transaksi dilakukan dalam jumlah party.

Popularitas Merek
Banyak waralaba nasional dan internasional yang telah dikenal masyarakat luas. Kepopuleran brand tersebut menjadikan mitra waralaba lebih mudah mendatangkan konsumen atau “built-in customers”.

gerobak-franchise-715x350

KELEMAHAN MEMBELI FRANCHISE

Terkurung Dalam Konsep Franchisor
Kekurangan utama membeli franchise adalah investor tidak bisa memakai cara bisnis sendiri karena adanya system pusat.

Biaya yang Mahal
Membeli franchise memerlukan biaya yang lebih besar daripada anda melakukan usaha mandiri. Franchise fee, royalti, dan setoran persentase keuntungan kepada pihak franchise adalah beberapa contoh biaya yang harus dikeluarkan oleh investor.

Taruhan Reputasi Bersama
Merek produk yang terkenal membuat anda tidak perlu bersusah payah membangun citra. Tetapi, jika terjadi kesalahan yang dilakukan oleh franchisor atau franchisee lain, maka investor juga ikut menanggung akibatnya, yaitu tercorengnya citra bisnis atau produk yang dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development