Baca Juga
Home / Pilihan Investasi / Investasi Reksadana

Investasi Reksadana

MEKANISME-REKSADA
Apa yang dimaksud dengan reksadana?
Pengertian reksadana berdasarkan arti kata sebenarnya sangat simpel yakni:  “reksa” berarti memelihara  dan “dana” berarti uang atau modal. Jadi berdasarkan arti katanya maka reksadana berarti memelihara uang.

Pada prakteknya Reksadana adalah produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan Manajer Investasi dengan tujuan  mengumpulkan dana dari masyarakat untuk ‘dipelihara dan dikembangkan’ dengan cara membeli sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang jangka pendek, surat berharga, atau kombinasi dari berbagai instrumen investasi tersebut.

Manajer Investasi adalah seseorang atau sebuah tim yang memiliki keahlian dalam mengelola uang dalam jumlah besar dengan cara diinvestasikan ke dalam instrumen-instrumen investasi yang dinilai paling menguntungkan dengan tingkat resiko yang wajar).

Sehingga dengan menginvestasikan uang kita dalam reksadana kita tidak perlu lagi bingung memilih instumen investasi yang paling aman atau paling menguntungkan, dengan tujuan mengembangkan uang yang kita miliki, karena Manajer Investasi dari reksadana yang kita pilih akan melakukannya untuk kita. Sebagai imbalannya Manajer Investasi akan mendapatkan fee atas jasanya dalam mengelola dana yang kita percayakan kepadanya.

Karena kemudahan tersebut reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati di Indonesia, selain kelebihan tersebut reksadana juga memiliki beberapa keunggulan lain :

BU010648KEUNGGULAN REKSA DANA

1.Tidak ada batasan Modal Minimal, salah satu kelebihan reksadana yang tidak dimiliki oleh beberapa instrumen investasi lainnya adalah rendahnya modal minimal yang dibutuhkan untuk memulai investasi. Hanya dengan modal Rp 100 ribu saja sudah bisa membuka investasi reksadana, sehingga siapapun bisa berinvestasi di reksadana.

2. Cocok Untuk Siapa Saja, selain karena modal awal yang rendah, dalam berinvestasi di reksadana investor juga tidak perlu memiliki pengetahuan finansial akan produk-produk investasi yang mendalam. Karena itu reksadana cocok untuk semua jenis investor, dari Wiraswasta, Pegawai Negeri, Ibu Rumah Tangga, Pensiunan sampai dengan Pelajar dan Mahasiswa semuanya dapat berinvestasi di reksadana.

3. Liquiditas yang tinggi, reksadana hampir mirip dengan tabungan, investor dapat menarik dananya kapan pun dengan cara menjual kembali unit penyertaannya. Uang akan masuk ke rekening bank investor maksimum 7 hari kerja sejak penarikan. Keunggulan ini yang membuat banyak orang lebih memilih berinvestasi di reksadana daripada properti yang terkadang bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dijual.

4. Mengalahkan Inflasi, jika dilihat kebelakang rata-rata return reksadana umumnya mengalahkan investasi, meskipun dalam beberapa periode keuntungan reksadana lebih kecil, namun jika dirata-ratakan return reksadana dapat mengalahkan inflasi.

5. Resiko Lebih Rendah, pada umumnya resiko berinvestasi di reksadana lebih rendah dibandingkan dengan berinvestasi sendiri, karena dana kelolaan reksadana umumnya dipecah kedalam berbagai produk investasi dengan berbagai jenis tingkat resiko dan keuntungan, dan semuanya dilakukan oleh orang-orang yang profesional di bidang ini.

6. Dana Disimpan di Bank Kustodian, sebagai langkah perlindungan dana investor, pemerintah mengharuskan dana yang kita investasikan dalam reksadana untuk dititipkan ke rekening bank khusus yang disebut Bank Kustodian, sehingga Manajer Investasi hanya dapat menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan investasi, sehingga manajer investasi tidak mungkin mencuri uang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development