Baca Juga
Home / Pilihan Investasi / Investasi Surat Utang Negara (SUN)

Investasi Surat Utang Negara (SUN)

obligasi

KEUNTUNGAN SURAT UTANG NEGARA

Memiliki dua keuntungan yaitu kupon dan capital gain
Sebagai informasi, kupon (Coupon) adalah bunga yang diterima pemegang obligasi (dalam hal ini SUN) secara berkala (Biasanya kupon akan dibayarkan setiap 3 atau 6 bulanan).
Jatuh Tempo (Maturity) adalah tanggal dimana pemilik akan mendapatkan pembayaran kembali pokok (nilai nominal) yang dimilikinya.
Capital gain (Keuntungan Modal) adalah keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi ketika harga jual lebih tinggi dari harga pembelian sebelumnya.

SUN dapat di gadaikan di kantor pegadaian dan juga dijual kembali di pasar saham sekunder
Hal ini terjadi apabila ingin mengakhiri masa kepemilikan sehingga memindahtangankan kepemilikan SUN. Pasar sekunder atau juga dikenal dengan istilah secondary market adalah pasar keuangan yang digunakan untuk memperdagangkan sekuritas yang telah diterbitkan dalam penawaran umum perdana. Pada saat suatu saham terdaftar di bursa efek maka investor dan spekulan dapat dengan mudah melakukan transaksi perdagangan di bursa tersebut. Disini lah tempat pemilik SUN dapat memindahtangankan kepemilikan.

Dapat dilakukan dengan modal kecil
Semakin banyak unit surat utang yang dibeli maka semakin besar pula modal yang dikeluarkan begitu juga dengan besar keuntungannya.

Investasi SUN sudah dijamin oleh Negara
Berinvestasi SUN membuat investor tidak perlu takut dengan iming-iming investasi bodong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes