Baca Juga
Home / Baca Juga / Jenis-jenis Reksadana di Indonesia

Jenis-jenis Reksadana di Indonesia

REKSADANA PASAR UANG
Reksadana jenis ini adalah reksadana dengan resiko yang paling rendah, reksadana ini menginvestasikan sebagian besar dananya ke dalam produk-produk investasi yang memberikan pendapatan tetap seperti tabungan, deposito , dan SBI , dan sebagian kecil ditempatkan ke dalam obligasi (surat utang) jangka pendek.

Kelebihan lain dari reksadana ini adalah tingkat likuiditasnya yang tinggi, sehingga investor dapat mencairkan dana investasinya setiap waktu. Hal ini yang membedakan reksadana pasar uang dengan deposito.

Reksadana ini cocok untuk Anda yang belum berani mengambil risiko tinggi namun tetap ingin mendapatkan return yang lebih tinggi dari deposito bank. Reksadana ini  juga  cocok jika Anda hanya ingin menempatkan dana ke reksadana dalam jangka pendek kurang dari satu tahun.

REKSADANA PENDAPATAN TETAP
Reksadana Pendapatan Tetap, dimana Manajer Investasi akan menginvestasikan sebagian besar uang investornya (80 persen) ke dalam produk-produk investasi pendapatan tetap, terutama pada obligasi. Sisanya (20 persen) diinvestasikan pada instrumen pasar uang (SBI, SUN ) atau produk bank seperti tabungan dan deposito.

Tingkat potensi risiko  reksadana ini termasuk kategori menengah cenderung konservatif. Sesuai untuk Anda yang mengharapkan pendapatan tetap yang cukup stabil dari investasinya, dan  tidak terlalu fluktuatif. Jangka waktu yang ideal adalah antara satu sampai tiga tahun. Sebab dalam jangka waktu tersebut reksadana Pendapatan Tetap berpotensi memberikan return lebih tinggi daripada reksadana Pasar Uang.  Namun dalam jangka panjang kenaikan, misalnya jangka watu 10 tahunan kenaikan  RDPT tidak setinggi kenaikan reksadana Campuran atau reksadana Saham

REKSADANA CAMPURAN
Reksadana ini akan menginvestasikan uang investornya ke dalam saham dan instrument pendapatan tetap, masing–masing dengan komposisi alokasi investasi yang kurang lebih sama yaitu 50 persen:50 persen.

200282932-001REKSADANA SAHAM
Reksadana saham menginvestasikan 80%-90% dananya pada saham perusahaan publik yang diperdagangkan di pasar modal. Reksadana saham adalah jenis yang paling diminati masyarakat karena return nya paling tinggi dibanding reksadana lainnya.

Di sisi lain resiko dari reksadana ini juga lebih tinggi dari reksadana lainnya, karena banyaknya pilihan saham yang dapat dipilih, dan pergerakan harga saham yang dapat bergerak ekstrim, kemungkinan return reksadana juga cukup bervariasi, dan umumnya dapat berbeda dari satu manajer investasi ke manajer investasi yang lain.

Pilihan reksadana saham cukup beragam, tergantung jenis-jenis saham seperti apa yang diinginkan oleh investor, investor dapat memilih reksadana yang fokus pada saham-saham berkapitalisasi besar, berfokus pada saham-saham dengan industri tertentu, seperti reksadana industri perbankan.

Investasi ini ideal untuk jangka panjang antara 5-10 tahun. Sebab saham harganya berfluktuasi dalam jangka pendek, walaupun demikian cenderung naik terus dalam jangka panjang. Kenaikan harga saham dalam jangka panjang berpotensi lebih tinggi daripada kenaikan harga instrumen pendapatan tetap. Namun hati-hati return tinggi juga sebanding dengan risikonya yang tinggi.

REKSADANA TERPROTEKSI
Reksadana ini memiliki karakter mirip dengan deposito. Reksadana ini memiliki masa jatuh tempo, membagikan keuntungan (dividen) secara periodik, dan pada umumnya memiliki  nilai pokok investasi utuh pada saat jatuh tempo.

Produk reksadana ini populer karena memiliki karakteristik seperti deposito dan umumnya memberikan imbal hasil di atas deposito. Namun berbeda dengan deposito yang memiliki perlindungan nilai pokok yang dijamin oleh pemerintah, pada prakteknya kata ‘terproteksi’ dalam reksadana ini tidak memberikan arti yang sama. Nilai pokok investasi pada reksadana ini bisa saja berkurang, karena obligasi yang dibeli bangkrut atau gagal bayar bunga, namun resiko hal seperti ini terjadi masih lebih kecil jika dibandingkan dengan reksadana pendapatan tetap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development