Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / Langkah Awal Memulai Bisnis Franchise

Langkah Awal Memulai Bisnis Franchise

CHOOSE

Choosing The Right Franchise.

Setelah menentukan bisnis franchise yang anda inginkan dan budget yang anda punya, sekarang saatnya memilih franchise. Mulailah berburu franchise. Jangan malas mencari informasi, semakin banyak informasi yang anda punya, peluang anda mendapatkan franchise yang tepat akan semakin besar. Ada baiknya anda mengumpulkan informasi dari beberapa vendor, tidak hanya satu. Karena saat anda punya pembanding, akan semakin mudah untuk memutuskan franchise mana yang layak dibeli.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan saat berburu franchise:

  1. Mengunjungi outlet franchise.
    Jika anda sudah memiliki target bisnis franchise, anda bisa langsung mengunjungi outletnya dan bertanya langsung pada pemilik franchise tersebut. Tanyakan semua hal yang perlu anda tahu, misalnya; bagaimana prosedur awal pembelian franchise, berapa initial franchise fee yang harus dibayarkan, berapa royalty fee, syarat-syarat apa saja yang ditetapkan oleh franchisor.  Semakin banyak informasi yang bisa anda kumpulkan, semakin baik.
  1. Website franchise.
    Ada banyak sekali website lokal yang menyediakan informasi tentang franchise, mulai dari direktori franchise hingga informasi event franchise. Website franchise juga umumnya menyediakan informasi tentang initial franchise fee dan biaya-biaya lainnya. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mencari peluang bisnis franchise yang sesuai dengan budget anda. Salah satu contoh website franchise lokal yang bagus adalah bursafranchise.com.
  1. Franchise Expo.
    Mengunjungi franchise expo memberi anda kesempatan untuk membandingkan beberapa peluang bisnis franchise secara langsung. Franchise expo biasanya rutin diadakan setiap tahun di kota-kota besar. Anda bisa menemukan informasi jadwal franchise expo di internet, contohnya di www.franchise-expo.co.id. 
  • Franchise memiliki prinsip uniformity atau keseragaman. Anda harus siap mengikuti setiap peraturan dan ketentuan dari franchisor dalam menjalani bisnis. Anda bisa bisa berkontribusi dengan cara menyampaikan ide dan inovasi, namun pada akhirnya keputusan ada di tangan franchisor. Jadi jika anda ingin mengatur sendiri bisnis yang anda jalani, kami sarankan untuk tidak memilih franchise.
  • Franchise yang sah menurut pemerintah adalah franchise yang sudah memiliki izin HAKI atau Hak Atas Kekayaan Intelektual. Pastikan franchise yang akan anda beli legal dan memiliki perizinan lengkap. Jika anda ingin tahu apakah franchise yang anda minati sudah punya izin HAKI, anda bisa mengunjungi website resmi Dirjen HAKI di www.dgip.go.id.
  • Franchise yang baik umumnya memiliki USP atau Unique Selling Propotion. USP berarti produk franchise tersebut tidak mudah ditiru karena memiliki keunikan  tersendiri. Produk yang unik dan tidak mudah ditiru merupakan salah satu modal keberhasilan usaha. Jadikan poin ini sebagai bahan pertimbangan anda dalam memutuskan.
  • Bisnis franchise normalnya memiliki SOP atau Standard Operational Procedure. SOP tidak bisa dirubah oleh franchisee, dan franchisee tidak bisa menjalankan bisnis di luar SOP.  Jadi jika ada franchisor yang mengatakan bahwa SOP mereka fleksibel, anda perlu berhati-hati.
[end_tabset]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development