Baca Juga
Home / Baca Juga / Langkah Pertama dalam Investasi Saham

Langkah Pertama dalam Investasi Saham

INVEST SAHAM

Sering muncul pertanyaan besar bagi calon investor, bagaimana cara memulai investasi saham?

Hal pertama yang perlu kita ketahui dalam proses membeli saham adalah, kita tidak membeli saham dari perusahaan penerbit saham, seorang investor tidak bisa datang ke salah satu cabang Telkom Indonesia ataupun kantor pusatnya untuk membeli saham TLKM (kode saham dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk).

Proses jual beli saham hanya dilakukan di Bursa Efek Indonesia, bursa efek (pasar saham) adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli antara satu investor dengan investor lainnya.  Jadi uang yang anda bayarkan untuk untuk membeli saham suatu perusahaan tidak diterima oleh perusahaan penerbit saham melainkan diterima oleh investor yang menjual sahamnya kepada anda.

Untuk dapat bertransaksi di bursa seorang Investor harus menggunakan jasa perantara yang disebut sekuritas atau broker. Jadi langkah pertama untuk dapat membeli saham adalah :

MEMBUKA AKUN DI SEKURITAS
Proses membuka account di sekuritas tidaklah sulit, kita hanya perlu mengisi formulir, dan memberikan fotocopy tanda pengenal, nomor rekening bank, dan NPWP jika ada. Setelah data diterima pihak sekuritas akan memproses pembukaan account ke pihak OJK (otorisatas jasa keuangan) dan umumnya dalam waktu kurang dari seminggu, pihak sekuritas akan menghubungi kita dan memberikan ID dan PASSWORD dari akun kita yang menandakan proses pembuatan akun sudah selesai.

Setelah proses tersebut selesai Anda akan diberikan nomor rekening dari RDI (Rekening Dana Investor) , dimana kita bisa men-transfer dana yang akan anda gunakan untuk bertransaksi saham. Rekening tersebut atas nama Anda sendiri (pemilik akun), dan dibuatkan oleh pihak sekuritas.

RDI adalah rekening yang dibuatkan khusus untuk melindungi dana anda, sehingga hanya bisa digunakan oleh pihak sekuritas untuk keperluan jual beli saham yang anda perintahkan (menutup kemungkinan dana anda dilarikan oleh pihak sekuritas), rekening RDI terkoneksi dengan rekening pribadi anda sehingga anda dapat mentransfer kembali uang yang ada di RDI ke rekening anda.

Ada 5 Bank yang ditunjuk OJK untuk melayani pembukaan rekening RDI yaitu : Bank Permata, Bank BCA dan Bank CIMB Niaga, BNI, dan Bank Mandiri.

Pada setiap sekuritas ada ketentuan jumlah minimal yang perlu kita setorkan ke RDI sebagai syarat pembukaan rekening di sekuritas tersebut, jumlahnya bervariasi dari 100 ribu sampai lebih dari 1 M, jumlah ini perlu kita tanyakan dalam proses pembuakaan rekening.

Uang yang kita setorkan tidak harus digunakan seluruhnya untuk membeli saham, sebagian dapat langsung dikirim kembali ke rekening kita setelah proses pembuatan rekening selesai, jadi meskipun sekuritas yang anda pilih memiliki ketetapan deposit minimal, sebut saja 30 juta, anda tidak perlu menggunakan seluruh dana tersebut untuk berinvestasi di pasar modal, anda bisa langsung menarik kembali sebagian dari dana tersebut setelah proses pembuatan akun selesai dan hanya menginvestasikan sejumlah dana yang anda inginkan.  (Baca Juga : MODAL IDEAL UNTUK TRADING SAHAM)

TRANSAKSI SAHAM
Setelah proses pembukaan account selesai, kita dapat melakukan transaksi baik secara online menggunakan platform online trading, atau menggunakan jasa account officer.

  • ONLINE TRADING
    Fasilitas online trading sekarang ditawarkan oleh hampir semua sekuritas, untuk melakukan transaksi saham anda hanya perlu menginstall platform online trading dari sekuritas di komputer atau smartphone,  dimana anda dapat memantau pergerakan harga secara real time dan melakukan proses jual beli secara real time.
  • ACCOUNT OFFICER
    Sebelum  era online trading untuk membeli, menjual atau mendapatkan update harga saham kita perlu menghubungi pihak sekuritas melalu telepon, setiap investor akan diperkenalkan dengan account officer yang akan membantu kita dalam melakukan transaksi termasuk memberikan rekomendasi dan informasi yang kita butuhkan untuk mengambil keputusan investasi. Saat ini tidak semua sekuritas menyediakan jasa layanan account officer dimana kita bisa melakukan transaksi via telepon, jika anda membutuhkan layanan ini pastikan untuk menanyakannya kepada broker yang anda pilih sebelum membuka account. (Baca Juga : TIPS memilih BROKER SAHAM )

Semoga Bermanfaat!

2 comments

  1. Min. Ada ga pihak bank yang minimum deposit 100rb? . Untuk segera membeli saham. Trmksh

    • Salam,

      Untuk buka rekening saham deposit 100 Ribu banyak, contohnya ada MNC sekuritas dan Indopremier.
      Untuk lebih mudahnya silakan mengikuti kelas Sekolah Pasar Modal di BEI.

      Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development