Baca Juga
Home / Editor Picks / Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

dana pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar yang dibutuhkan seorang anak. Ini mengapa sangat penting untuk menyiapkan dana pendidikan anak anda mulai sekarang.

Pernahkah anda menghitung berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya pendidikan anak dari jenjang paling awal hingga tingkat perguruan tinggi nanti? Jika seseorang memiliki 3 orang anak; misalnya anak pertama sedang di bangku kuliah, anak kedua di bangku SMP, dan anak ketiga masih di bangku sekolah dasar, dihitung dari rata –rata biaya pendidikan di Indonesia, biaya yang dikeluarkan per tahun bisa mencapai Rp 40 juta!

Badan Pusat Statistik mencatat, rata-rata inflasi biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10-15% per tahun. Itu artinya, jika tahun ini rata-rata uang pangkal untuk masuk ke sekolah dasar di Indonesia adalah Rp 4 juta, tahun depan minimal akan naik menjadi Rp 4,4 juta, dan 7 tahun dari sekarang bisa mencapai Rp 8 juta.

Dengan biaya sebesar itu, tidak perlu dijelaskan lagi seberapa penting perencanaan untuk  biaya pendidikan anak. Yang memprihatinkan adalah, 75% dari orang tua Indonesia masih mengalami kesulitan dengan hal ini, entah karena mereka mengalami hambatan ekonomi, tidak memiliki kesadaran, atau sadar namun tidak tahu harus berbuat apa.

Berikut adalah beberapa tips dari Kelas Investasi tentang bagaimana mempersiapkan dana pendidikan anak:

Menyusun Rencana  Masa Depan Pendidikan Anak

Kunci terpenting dalam menyiapkan pendidikan anak adalah TIDAK MENUNDA. Kebanyakan orang tua tidak menyadari pentingnya perencanaan awal dan menunggu anaknya masuk usia sekolah baru memikirkan tentang biaya pendidikan. Anda harus paham, semakin anda menunda, akan semakin berat beban anda. Agar perencanaan pendidikan lebih efektif, bagilah menjadi dua; rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.

1. PERENCANAAN JANGKA PENDEK

Untuk jangka pendek, lakukan perencanaan sederhana seperti memperkirakan kapan biaya akan mulai dikeluarkan. Jika anda memiliki balita berusia 4 tahun, artinya dia akan mulai bersekolah paling tidak di usia 6-7 tahun, anda masih punya waktu sekitar 2-3 tahun untuk mempersiapkan dana yang dibutuhkan sebelum anak anda mulai masuk sekolah. Setelah itu perkirakan dan buat perhitungan sederhana seberapa besar dana yang nantinya akan dikeluarkan. Cari informasi tentang sekolah – sekolah yang menurut anda baik, dan cari tahu tentang uang pendaftaran, uang pangkal, SPP, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran umum, berikut adalah rata-rata Biaya Pendidikan di Indonesia:

Setelah itu, jika anda sudah menemukan angka, sekarang saatnya menentukan cara untuk mencapai  target tersebut. Lakukanlah investasi dengan strategi tujuan jangka menengah. Salah satu instrumen investasi untuk tujuan jangka menengah adalah Deposito. Deposito cukup efektif karena anda bisa memilih sendiri jangka waktu investasinya, mulai dari jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.  Selain itu, bunga Deposito lebih baik daripada bunga tabungan konvensional biasa, dan anda bisa mencairkan bunganya kapanpun anda mau.

 

TENOR JUMLAH DEPOSITO SUKU BUNGA
1 Bulan Rp 8.000.000 – Rp 1.999.999.999 4%
1 Bulan Rp2.000.000.000 – Tidak terbatas 4,25%
3 Bulan Rp8.000.000 – Rp1.999.999.999 4,25%
3 Bulan Rp2.000.000.000 – Tidak terbatas 4,50%
6 Bulan Rp8.000.000 – Rp1.999.999.999 4,25%
6 Bulan Rp2.000.000.000 – Tidak terbatas 4,50%
12 Bulan Rp8.000.000 – Rp1.999.999.999 4,25%
12 Bulan Rp2.000.000.000 – Tidak terbatas 4,50%

 

Selain Deposito, untuk perencanaan jangka pendek anda bisa mencoba Tabungan Pendidikan. Tabungan Pendidikan adalah produk keuangan khusus yang dikeluarkan oleh Bank, jadi tabungan ini dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, sehingga jika terjadi sesuatu di bank tempat anda menabung, tabungan anda akan tetap aman.

Tabungan Pendidikan dinilai cukup popular di Indonesia. Mayoritas orang tua di Indonesia tidak meyukai regulasi yang berbelit – belit.  Karena itu mereka lebih memilih Tabungan Pendidikan yang prosesnya mudah dan sederhana. Cukup datang ke bank, temui Customer Service, anda bisa langsung membuka rekening dan menabung.

Selain itu,karena menggunakan system Autodebet, anda tidak perlu lagi terbeban dengan keharusan untuk menabung sendiri, pulang –pergi kantor cabang, karena setiap bulannya tabungan akan langsung dipotong dari rekening sumber dana klien. Ini juga mengatasi masalah yang sering kali muncul karena kelalaian orang tua dalam menabung. Secara tidak langsung, system ini ‘memaksa’ para orang tua untuk disiplin menabung.

Bunga yang diberikan juga cukup menarik, yaitu di kisaran 3% – 6% / tahun, dengan jangka waktu minimal 2 tahun. Tabungan Pendidikan dinilai cukup efektif untuk investasi jangka menengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development