Baca Juga
Home / Editor Picks / Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

2. PERENCANAAN JANGKA PANJANG

Jika anda ingin mempersiapkan dana pendidikan anak untuk jangka panjang, misalnya untuk biaya kuliah anak anda, anda perlu mencari produk investasi yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Dua produk investasi yang bisa anda pertimbangkan adalah asuransi dan reksa dana.

Asuransi Pendidikan merupakan produk yang disediakan oleh perusahaan asuransi untuk menjamin kepastian tersedianya dana pendidikan bagi Putra/Putri anda. Minimum masa kontrak Asuransi Pendidikan umumnya adalah 5 tahun, dengan minimum masa pembayaran premi regular 2 tahun.  Dalam asuransi, pembayaran preminya bisa dilakukan secara tahunan atau per semester, tergantung pilihan anda.

Selain menjamin tersedianya dana pendidikan bagi Putra/Putri anda, ada beberapa manfaat utama yang diberikan Asuransi Pendidikan guna menjamin dana pendidikan anak anda dalam kondisi – kondisi tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya :

  1. Jika Ayah atau Ibu dari penerima asuransi (anak) meninggal dalam masa asuransi, maka :
    - Secara otomatis polis menjadi bebas premi dan Tahapan Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai dengan jenjang pendidikan anak di masa mendatang hingga masa asuransi berakhir.
    - Selain itu, bila Ayah atau Ibu meninggal bukan akibat kecelakaan, maka anak anda akan menerima santunan sebesar 50% dari Rencana Dana Pendidikan sebagai Jumlah Uang Pertanggungan.
    - Apabila Ayah atau Ibu meninggal dunia akibat kecelakaan, makaa anak akan menerima santunan duka 100% dari Rencana Dana Pendidikan sebagai Jumlah Uang Petanggungan.
  1. Jika Ayah atau Ibu mengalami musibah cacat total atau menderita penyakit kritis dalam masa asuransi , maka secara otomatis polis menjadi bebas premi dan Tahap Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai dengan jenjang pendidikan anak di masa mendatang hingga masa asuransi berakhir.

Asuransi Pendidikan seringkali disamakan dengan Tabungan Pendidikan. Memang sekilas Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan hampir sama, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan.  Berikut adalah beberapa perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan :

  1. Meski premi sudah selesai dibayar, asuransi pendidikan baru bisa dicairkan saat jatuh tempo atau terjadi kecelakaan dengan Orang Tua, atau anak. Sementara  Tabungan Pendidikan bisa dicairkan kapanpun asal anda sudah menyelesaikan kewajiban menabung.
  2. Jika anda memutuskan untuk mencairkan dana sebelum tempo, biaya yang dipungut dari asuransi lebih besar daripada Tabungan Pendidikan.
  3. Tabungan Pendidikan terkenal karena kemudahannya. Asuransi Pendidikan dinilai sangat rumit prosesnya.

Selain Asuransi, anda juga bisa mempertimbangkan Reksadana sebagai alat untuk menyiapkan dana pendidikan anak anda. Reksadana adalah salah satu instrument investasi yang berkembang cukup pesat di Indonesia. Dan jika dinilai dari kemudahan dan keuntungan yang didapat, Reksadana (tergantung jenisnya) cukup efektif dan prospectus.

Melalui reksa dana, anda dapat berinvestasi dalam beberapa instrument investasi, misalnya saham atau obligasi, melalui perantaraan Manajer Investasi. Jadi, anda dengan mudah bisa mendapat keuntungan tanpa harus mengelola sendiri investasi anda. Manajer Investasi yang sudah professional yang akan mengatur dan mengelola portofolio anda, jadi investasi ini tidak memakan waktu.

Sebelum berinvestasi di reksa dana, anda harus memahami jenis – jenis reksa dana yang ada. Contohnya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Setiap jenis reksa dana memiliki resiko dan imbal hasil yang berbeda. Semakin tinggi imbal hasilnya, tentu semakin tinggi resikonya. Dalam hal ini, wajib hukumnya bagi anda untuk mengetahui dengan pasti  kebutuhan anda dan resiko yang dapat anda tanggung.

Berdasarkan data historis kinerja reksa dana, berikut adalah kesimpulan rata – rata imbal hasil untuk reksa dana menurut jenisnya :

  • REKSA DANA PASAR UANG : 5% – 6%
  • REKSA DANA PENDAPATAN TETAP : 7% – 10%
  • REKSA DANA CAMPURAN : 11% – 16%
  • REKSA DANA SAHAM 17% – 20%

Anda dapat menggunakan rata – rata imbal hasil diatas untuk menentukan jenis reksa dana mana yang anda butuhkan. Hitung modal yang investasi yang anda miliki, lalu hitung juga dana yang dibutuhkan di masa mendatang. Pastikan cashflow anda tetap stabil dan terjaga, sebelum memutuskan reksa dana mana yang anda pilih.

 

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, maka dari itu sebagai orang tua, sudah sewajarnya jika kita menyiapkan dengan baik segala kebutuhan anak kita. Begitu juga dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak anda, anda tidak bisa menyisakan ruang untuk kesalahan. Ini mengapa konsistensi dan komitmen sangat penting. Tanpa keduanya, rencana anda tidak akan terealisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development