Baca Juga
Home / Pengetahuan Lanjutan / Mencari Charting Tools Terbaik

Mencari Charting Tools Terbaik

TeeChartIOS_iPad2Charting Tools adalah salah satu kebutuhan utama bagi seorang trader, hal ini karena trader adalah mereka yang berupaya mencari keuntungan dari pergerakan harga jangka pendek dari suatu saham.  Itu sebabnya sangat penting bagi trader untuk mengetahui grafik pergerakan harga terkini.

Dalam dunia trading, Technical Analysis bisa diumpakan sebagai ilmu bela diri yang dibutuhkan untuk berperang dan melindungi diri di medan perang, sementara charting tools, atau yang juga sering disebut sebagai technical analysis software adalah senjata yang akan melengkapi ilmu bela diri yang kita miliki.

Namun sayangnya sebagian besar trader lebih mengutamakan untuk mempelajari ‘ilmu bela diri’ daripada mempelajari cara pengunaan ‘senjatanya’, itu sebabnya banyak ilmu technical yang sudah dipelajari susah payah tidak dapat dipraktekan dalam kebutuhan trading sehari-hari, karena kurangnya support dari charting tools yang memadai.

Itu sebabnya jika anda adalah trader  pemula, dan berniat untuk menekuni dunia investasi di pasar modal. Anda perlu memiliki satu charting tools untuk kegiatan analisa harian anda.

Dalam memilih charting tools ada beberapa kriteria penting yang harus dimiliki sehingga dapat memenuhi kebutuhan trading anda secara maksimal :

Kemudahan Melakukan Classical Technical Analysis
Analisa classical umumnya dilakukan dengan menarik garis demi garis untuk menentukan trend, support dan resisten, analisa ini sangat banyak dilakukan oleh para trader berpengalaman Sebuah charting tools yang baik harus dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya dalam proses ‘menggambar’ garis-garis tersebut.

Kelengkapan Indicator
Meskipun menggunakan banyak indikator sekaligus merupakan sesuatu yang tidak dianjurkan, namun kelengkapan indikator dibutuhkan oleh setiap trader supaya dapat menemukan indikator yang paling sesuai dengan gaya tradingnya.
Charting Tools yang baik harus memiliki banyak built-in indikator untuk memenuhi kebutuhan trading setiap jenis trader.

Fitur Stock Explorer
Ada lebih dari 500 saham di Indonesia, seorang trader tidak mungkin melihat satu per satu setiap hari untuk menemukan saham mana yang secara terchnical berpeluang memberikan kita keuntungan. Karena itu setiap trader membutuhkan stock explorer, sebuah tools yang secara otomatis bisa mencarikan saham-saham yang sesuai dengan keinginan anda, sehingga proses analisa dapat difokuskan pada beberapa saham saja, tanpa harus ketinggalan momentum di setiap saham yang ada di BEI.

Fitur System Tester
System tester adalah tools yang dapat menghitung tingkat provitabilitas suatu indikator pada saham yang kita tentukan. Sebagai contoh dengan menggunakan Fitur System Tester anda bisa menghitung seberapa menguntungkannya saham PGAS dalam 4 tahun kebelakang, jika anda menggunakan MACD sebagai panduan entry dan exit point.

Formula Language
Pada umumnya setelah menguasai penggunaan dasar sebuah charting tools, seorang trader ingin membuat sendiri indicator, stock explorer atau system tester yang paling sesuai dengan kebutuhan trader tersebut, dan tidak hanya menggunakan yang sudah disediakan. Untuk melakukan itu trader tersebut harus memahami ‘bahasa pemrograman’ dari charting tools tersebut. Tidak ada standard dalam ‘bahasa pemrograman’, setiap charting tools memiliki bahasanya sendiri. Jadi semakin sederhana bahasanya semakin baik, terutama bagi trader yang tidak memiliki latar belakang programing.

Proses Update Harian
Proses update harian juga merupakan kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih charting tools, karena seperti kita ketahui tanpa melakukan update, semua fitur yang disebutkan di atas tidak akan ada gunanya. Ada beberapa pertimbangan yang menjadi bahan pertimbangan dalam kategori ini. Ada tidaknya opsi Update Gratis, harga dari biaya update berbayar, dan kemudahan dalam melakukan update harian.

Di Indonesia ada 3 Charting Tools yang populer, Metastock, Amibroker, dan Chartnexus, masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing.

Kami akan coba memberikan gambaran singkat dari masing-masing software kelebihan dan kekurangnnya, sehingga dapat membantu anda menentukan charting tools masa yang anda butuhkan.

sw_software_cnxCHARTNEXUS
Kelebihan utama dari chartnexus adalah program ini diberikan secara gratis, anda dapat melakukan instalasi online secara gratis, umumnya berlangsung dalam waktu yang cukup lama karena chartnexus harus mendownload historical data seluruh saham selama 3 tahun kebalakang.

Chartnexus memenuhi kriteria pertama ‘Kemudahan Melakukan Classical Technical Analysis‘, chartingtools ini didesign dengan sederhana sehingga mudah digunakan oleh semua orang. Kelebihan lain yang dimiliki oleh chartnexus adalah kemudahan dalam melakukan update harian, proses update dilakukan secara otomatis ketika anda terkoneksi ke internet.

Selain dua kelebihan tersebut Chartnexus versi gratis memiliki banyak kelemahan, data yang hanya disediakan 3 tahun kebelakang, indikator yang seadanya, juga tidak tersedianya fitur system tester dan juga stock explorer membuat chartnexus bisa dibilang hanya merupakan sedikit upgrade dari grafik yang disediakan oleh platform online trading.

Chartnexus baik untuk pemula, namun jika anda membutuhkan fitur-fitur tambahan lainnya, anda harus menghabiskan uang dalam jumlah yang cukup besar, karena semua fitur dijual terpisah, dan jika anda ingin membeli semua fitur seperti yang tersedia di Amibroker atau Metastock, anda kemungkinan akan menghabiskan uang yang lebih banyak.

AMIBROKER
Amibroker adalah charting tools paling populer di Indonesia, salah satu alasan utamanya karena harga Amibroker lebih murah dibandingkan dengan Metastock.

Amibroker memiliki semua fitur yang tertulis di atas, secara sederhana Amibroker memiliki semua tools yang umumnya dibutuhkan oleh seorang trader. Jika dibandingkan dengan Metastock, Amibroker memiliki kelebihan di beberapa kategori, antara lain :

Tampilan chart yang lebih baik, AMI memiliki lebih banyak opsi tampilan, sehingga umumnya chart yang dibuat di AMI lebih menarik untuk dilihat dibandingkan dengan di MS.

Komunitas Pengguna Ami dan after sales service, selain harga yang lebih murah, komunitas dan after sales service yang Ami jauh lebih baik di Indonesia, dalam komunitas Amibroker banyak pengguna yang saling bertukar ide dan pengetahuan untuk memaksimalkan penggunaan software ini.

MSXIII-PRO-Web-350x465METASTOCK
Di luar negeri Metastock  lebih populer daripada Amibroker hal ini disebabkan karena Metastock bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan dengan Amibroker.

Beberapa kelebihan Metastock antara lain :
Indicator yang lebih lengkap, teradapat ratusan indikator yang sudah langsung tersedia ketika anda menginstall Metastock, membuat anda lebih bebas memilih indikator yang sesuai dengan gaya trading anda.

Stock Explorer, fitur yang sangat penting ini hanya disediakan oleh Metastock, yang memiliki puluhan Stock Explorer yang sudah built-in, sementara di Amibroker untuk memiliki fitur stock explorer anda bisa berlangganan atau membuatnya sendiri.

Formula Language yang lebih sederhana, bahasa pemrograman di Metastock jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Ami, karena dibuat mirip dengan penulisan di Microsoft Excel, jika anda sudah terbiasa menggunakan M.Excel, maka anda sudah mengerti paling tidak 70% dari Formula Language di Metastock. Sementara di Ami untuk dapat memahami formula language dengan baik seorang trader umumnya perlu memiliki background IT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes