Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / Revolusi robot pasar modal dari Equbot

Revolusi robot pasar modal dari Equbot

??????????????????

 EquBot baru saja meluncurkan Al Powered Equity ETF (AIEQ), sebuah robot yang menggunakan teknologi supercomputing IBM untuk meracik portfolio saham. Mesin ini bisa menganalisa data lebih banyak dari yang bisa dilakukan manusia. Robot ini dibangun untuk bisa meracik portfolio sekitar 30 sampai 70 saham.

Racikan portfolio versi ETF ini dihitung berdasarkan kondisi ekonomi terkini, tren dan kondisi spesifik perusahaan-perusahaan yang tercatat di bursa. Robot ini bisa memilih saham yang berpotensi cuan dari analisa sejumlah faktor tersebut.

Teknologi yang ada di robot tersebut bisa menganalisa informasi dari 6.000 perusahaan yang tercatat di bursa AS. Equbot, perusahaan yang membuat teknologi ini adalah bagian dari program Global Entrepreneur IBM dan juga sedang ditawarkan kepada investor melalui kerja sama dengan ETF Managers Group. Robot ini awalnya muncul dalam diskusi di ruang kelas MBA di UC Berkeley Haas School of Business.

Sejauh ini portfolio yang diracik outperformed di S&P 500. Namun robot ini masih memerlukan pembuktian dalam jangka waktu lebih panjang untuk benar-benar dipercaya mampu mencetak return.

“Sama dengan banyak algoritma yang mendasari perhitungan hedge funds, kesalahan-kelsahan dapat terjadi dan peluang untuk performa lebih baik juga dapat terlewat,” ujar CEO EquBot, Chida Khatua seperti dikutip Businessinsider.sg.

 Source : Kontan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development