Baca Juga
Home / Pengetahuan Dasar / PD Saham / Tips Memilih Broker Saham

Tips Memilih Broker Saham

broker saham

Broker-broker saham di Indonesia tidak terlalu berbeda satu dengan yang lain, dari sisi keamanan, dan fee transaksi, hal ini disebebabkan karena beberapa peraturan dari OJK dan Bursa Efek Indonesia yang membuat perusahaan sekuritas memilih untuk tidak bersaing dalam kedua hal tersebut.

Karena fee transaksi dan kemanan cenderung sama di semua sekuritas pilihan para investor biasanya difokuskan pada 3 faktor lainnya antara lain :

PLATFORM ONLINE TRADING
Setiap broker saham di Indonesia memiliki platform online trading yang berbeda karena masing-masing men-develop sendiri platformnya, hal ini yang membuat banyak investor enggan berpindah dari satu broker ke broker lainnya, karena malas melakukan proses pembelajaran kembali dalam menggunakan platform trading yang berbeda. Saat ini fitur-fitur yang ditawarkan broker-broker besar umumnya sudah tidak jauh berbeda, hampir semuanya memiliki grafik yang membantu kita menganalisa secara teknical, data-data keungan perusahaan, data transaksi, selain itu fitur stop loss dan profit taking juga sudah tersedia di mayoritas broker-broker di Indonesia. Selain itu kemudahan akses dari berbagai smartphone, tablet dan gadget lainnya juga dianggap penting.

Namun dari sudut pandang Platform Online Trading ada 2 sekuritas yang lebih menonjol dari yang lainnya karena keduanya umumnya paling cepat berinovasi dan sangat mengerti kebutuhan para investor dan juga trader, kedua sekuritas tersebut adalah

  • Daewoo Securites (dulu disebut Etrading) dengan platformnya yang disebut HOTS
  • Indopermier Securities dengan platformnya IPOT

Kedua sekuritas tersebut terus bersaing dalam mengembangkan platform online trading masing-masing, karena faktor ini adalah faktor yang paling diperhatikan terutama bagi investor ritel, keunggulan dari sisi platform trading ini membuat kedua sekuritas ini menjadi sekuritas dengan nasabah paling besar di Indonesia.

Kedua sekuritas ini juga memberikan demo account bagi anda yang tertarik untuk mencoba platform yang mereka miliki.

Demo account ini bisa anda dapatkan dengan melakukan registrasi baik online atau via sms dalam link yang kami berikan di samping: IPOT atau HOTS

KEAMANAN DANA
Meskipun saat ini uang nasabah tidak lagi dipegang oleh sekuritas, sehingga menutup keuntungan sekuritas membawa lari dana milik nasabah, namun banyak orang yang masih takut menyimpan dananya di sekuritas-sekuritas yang tidak mereka kenal track recordnya. Bagi investor yang masuk dalam kategori ini, mereka umumnya lebih percaya kepada sekuritas miliki negara atau BUMN, Mandiri Sekuritas, Danareksa, atau BNI Sekuritas sering menjadi pilihan investor yang mementingkan faktor ini. Menurut penilaian kami dari ketiga sekuritas ini Mandiri Sekuritas memiliki kelebihan dalam hal Platform Online Trading.

ANALISA DAN REKOMENDASI SAHAM
Selain membutuhkan platform yang baik dan rasa aman dalam menyimpan dana, investor atau trader juga membutuhkan informasi dan analisa saham yang berpotensi naik dalam jangka pendek, menengah, atau panjang.

Rekomendasi dan informasi yang baik umumnya didapat dari memiliki banyak tenaga analis yang berkualitas sehingga dapat meng-cover banyak perusahaan yang ada di bursa.

Sekuritas Asing yang sudah memiliki namabesar seperti Credit Suisse, JP Morgan, BNP Paribas, umumnya memiliki informasi dan analisa yang lebih baik dibandingkan dengan sekuritas lokal. Namun sayangnya minimal deposit dalam sekuritas-sekuritas tersebut umumnya di atas 1 Milyar, karena sekuritas tersebut memang lebih memfokuskan diri pada investor dengan skala besar.

Jika minimum deposit tersebut terlalu besar bagi anda, ada beberapa sekuritas lokal juga dikenal memiliki analisa dan rekomendasi yang cukup baik, Ciptadana, Samuel Sekuritas adalah beberapa sekuritas yang dianggap memiliki rekomendasi saham yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development