Baca Juga
Home / Artikel Terbaru / Waspada Investasi Bodong

Waspada Investasi Bodong

1548351shutterstock-152237540780x390

Bagi para calon investor, wajib hukumnya untuk ekstra berhati-hati. Banyak sekali investor pemula yang hendak memulai investasi namun pengetahuannya masih sangat minim. Rata-rata yang mereka tahu hanyalah investasi adalah satu cara untuk mendapatkan untung yang belipat dengan cepat, tanpa perlu bersusah-payah. Pemahaman yang salah ini memunculkan berbagai macam penipuan.

Dikarenakan mininya kewaspadaan, tidak sedikit dari para investor pemula yang terjerat investasi bodong. Apa itu investasi bodong? Istilah ini sudah beredar luas di masyarakat, namun banyak yang belum mengerti dengan jelas apa artinya.

Investasi bodong pada dasarnya adalah penipuan berkedok investasi. Investasi bodong biasanya tidak jelas, darimana sumber dana atau bagaimana cara pengelolaannya. Kembali lagi kepada para calon investor. Jika para calon investor tidak memiliki informasi yang memadai dan tidak aktif dalam mencari tahu, secara otomatis akan menjadi sasaran empuk bagi oknum investasi bodong.

Karakteristik utama investasi bodong adalah tawaran imbal hasil yang fantastis dan cenderung tidak masuk akal. Jika kamu mendapat tawaran investasi dengan keuntungan yang luar biasa, patut berhati-hati karena bisa saja investasi yang ditawarkan adalah investasi bodong dan pihak pengelola investasi tersebut sedang menerapkan skema piramida. Skema piramida adalah salah satu skema yang umum digunakan di Indonesia. System ini mengandalkan perekrutan anggota baru, dan menggandakan uang dari anggota baru untuk disetorkan kepada anggota lama. Anggota baru bisa mendapatkan keuntungan bila bisa merekrut anggota baru berikutnya.

Skema ini sangat menguntungkan bagi mereka yang berada di top line. Kebanyakan skema ini diterapkan tanpa adanya underlying product. Namun, ada juga yang menjual produk sebagai kamuflase. Pada kenyataannya produk tersebut dijual dengan harga jauh lebih tinggi diatas harga pasar, dan keuntungan dari penjualan produk itulah yang akan dibayarkan pada investor.

Skema piramida mengandalkan perputaran uang antara anggota baru dan anggota lama. Karena prinsipnya “gali lubang-tutup lubang”, jika tidak ada anggota baru yang masuk, maka anggota lainnya tidak akan menerima imbal hasil. Biasanya, mereka yang bergabung akan mempromosikan “bisnis” yang mereka jalani secara besar-besaran. Tidak jarang yang menggandeng orang terkenal atau publik figur dalam proses promosi agar bisnis tersebut terlihat lebih terpercaya. Dan mereka tidak akan menyebutkan adanya resiko.

1841794

Salah satu metode skema piramida untuk menarik anggota baru.

Ciri-ciri yang jelas pada skema piramida adalah; biaya keanggotaannya cenderung tinggi, jaminan keuntungan yang tidak wajar tanpa perlu bekerja keras, legalitas lembaganya tidak jelas, pengelolaan dana investasi tidak transparan.  Masih banyak sekali korban yang tertipu bisnis sejenis ini di Indonesia. Jika hendak berinvestasi, berinvestasilah di bidang yang jelas dan resmi. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming imbal hasil besar dan cepat. Berinvestasi selalu membutuhkan disiplin dan kesabaran, jika kamu tidak waspada, bisa saja kamu menjadi korban penipuan ini. Ada banyak instrumen inevstasi yang lebih aman, legal, dan jelas lebih menghasilkan jika kamu mau mencari tahu.So be more careful.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes
Ahsanul KabirWeb Development