Faktor Psikologis dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham

admin

Pengambilan keputusan investasi saham merupakan salah satu kegiatan yang kompleks dan melibatkan berbagai faktor. Selain faktor fundamental dan teknikal, faktor psikologis juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan investasi yang diambil oleh investor. Faktor psikologis ini dapat mempengaruhi investor dalam membuat keputusan investasi yang rasional dan menguntungkan atau justru sebaliknya.

Berikut ini beberapa faktor psikologis yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham:

  1. Heuristics and Biases

Heuristics adalah strategi mental yang digunakan untuk mengambil keputusan secara cepat dan efisien. Biases adalah kecenderungan untuk membuat keputusan yang tidak rasional atau tidak akurat. Heuristics dan biases dapat mempengaruhi investor dalam membuat keputusan investasi yang tidak optimal.

Beberapa contoh heuristics dan biases yang sering terjadi dalam pengambilan keputusan investasi saham meliputi:

  • Confirmation Bias: Kecenderungan untuk mencari informasi yang mendukung keputusan yang sudah diambil dan mengabaikan informasi yang bertentangan.
  • Hindsight Bias: Kecenderungan untuk percaya bahwa keputusan yang diambil sebelumnya adalah benar, meskipun pada kenyataannya keputusan tersebut salah.
  • Overconfidence Bias: Kecenderungan untuk melebih-lebihkan kemampuan dan pengetahuan sendiri.
  • Anchoring Bias: Kecenderungan untuk menggunakan informasi yang tersedia pertama kali sebagai titik awal dalam membuat keputusan, meskipun informasi tersebut tidak relevan.
  1. Emotional Factors

Faktor emosional juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham. Investor yang sedang merasa senang atau percaya diri cenderung membuat keputusan investasi yang lebih berisiko, sedangkan investor yang sedang merasa sedih atau takut cenderung membuat keputusan investasi yang lebih konservatif.

Beberapa contoh faktor emosional yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham meliputi:

  • Fear: Ketakutan akan kerugian dapat membuat investor menjual sahamnya terlalu cepat atau menghindari investasi saham sama sekali.
  • Greed: Keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang besar dapat membuat investor membeli saham yang terlalu berisiko atau menahan saham terlalu lama.
  • Hope: Harapan bahwa saham akan naik harga dapat membuat investor membeli saham yang tidak memiliki prospek yang baik.
  1. Social Factors

Faktor sosial juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham. Investor yang dikelilingi oleh teman atau keluarga yang sukses dalam berinvestasi saham mungkin akan lebih cenderung untuk berinvestasi saham. Sebaliknya, investor yang dikelilingi oleh teman atau keluarga yang gagal dalam berinvestasi saham mungkin akan lebih cenderung untuk menghindari investasi saham.

Beberapa contoh faktor sosial yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham meliputi:

  • Social Proof: Kecenderungan untuk mengikuti perilaku orang lain, terutama jika orang lain tersebut dianggap sebagai ahli atau berpengalaman.
  • Peer Pressure: Tekanan dari teman atau keluarga untuk melakukan sesuatu, meskipun tindakan tersebut tidak sesuai dengan keinginan sendiri.
  • Groupthink: Kecenderungan untuk menyesuaikan diri dengan pendapat mayoritas, meskipun pendapat tersebut tidak sesuai dengan pendapat sendiri.
  1. Cognitive Factors

Faktor kognitif juga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham. Investor yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan kemampuan berpikir kritis yang baik cenderung membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan menguntungkan. Sebaliknya, investor yang memiliki tingkat kecerdasan yang rendah dan kemampuan berpikir kritis yang buruk cenderung membuat keputusan investasi yang lebih tidak rasional dan merugikan.

Beberapa contoh faktor kognitif yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham meliputi:

  • Intelligence: Tingkat kecerdasan dapat mempengaruhi kemampuan investor dalam memahami informasi keuangan dan membuat keputusan investasi yang tepat.
  • Critical Thinking: Kemampuan berpikir kritis dapat membantu investor dalam mengevaluasi informasi keuangan dan membuat keputusan investasi yang rasional.
  • Numeracy: Kemampuan numerik dapat membantu investor dalam memahami informasi keuangan dan membuat keputusan investasi yang tepat.

Cara Mengelola Faktor Psikologis dalam Pengambilan Keputusan Investasi Saham

Investor dapat mengambil beberapa langkah untuk mengelola faktor psikologis yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan menguntungkan:

  • Kenali Diri Sendiri: Investor harus memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri dalam berinvestasi saham. Ini akan membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang sesuai dengan kemampuan dan toleransi risiko sendiri.
  • Tetapkan Tujuan Investasi yang Jelas: Investor harus memiliki tujuan investasi yang jelas sebelum mulai berinvestasi saham. Ini akan membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang sesuai dengan tujuan tersebut.
  • Buat Rencana Investasi: Investor harus membuat rencana investasi yang jelas sebelum mulai berinvestasi saham. Ini akan membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang terstruktur dan terarah.
  • Jangan Biarkan Emosi Mengendalikan Keputusan Investasi: Investor harus menghindari membuat keputusan investasi saat sedang dalam keadaan emosional yang kuat, seperti senang, sedih, atau takut. Keputusan investasi harus dibuat dengan kepala dingin dan rasional.
  • Jangan Terpengaruh oleh Orang Lain: Investor harus membuat keputusan investasi sendiri berdasarkan analisis dan penilaian sendiri. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi keputusan investasi Anda.
  • Belajar dari Kesalahan: Investor harus belajar dari kesalahan yang pernah dibuat dalam berinvestasi saham. Ini akan membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik di masa depan.

Kesimpulan

Faktor psikologis dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi saham secara signifikan. Investor perlu memahami faktor-faktor psikologis yang dapat mempengaruhi keputusan investasi mereka dan mengambil langkah-langkah untuk mengelola faktor-faktor tersebut. Dengan demikian, investor dapat membuat keputusan investasi yang lebih rasional dan menguntungkan.

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment