Harga BTC Diprediksi Tembus US$200.000 di Tahun 2024, Ini Kata Tokoh Kripto Ternama

Indah

Harga BTC Diprediksi Tembus US$200.000 di Tahun 2024, Ini Kata Tokoh Kripto Ternama

Kelasinvestasi.com Harga BTC Diprediksi Tembus US$200.000 di Tahun 2024, Ini Kata Tokoh Kripto Ternama – Dalam percakapan terbaru yang diadakan dengan CNBC, Matt Hougan, yang menjabat sebagai Chief Investment Officer (CIO) di Bitwise Asset Management, mengungkapkan pandangannya yang optimis terhadap Bitcoin. Menurutnya, Bitcoin memiliki potensi Harga BTC hingga US$200.000 dalam tahun ini.

Pandangan positif ini muncul setelah persetujuan ETF Bitcoin Bitwise (BITB) bersama dengan 10 dana exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot lainnya oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada awal Januari tahun ini. Tindakan yang signifikan ini dari SEC secara efektif membuka pintu baru bagi para investor, yang menandai momen penting dalam perjalanan utama kripto ini.

Harga BTC Diprediksi Tembus US$200.000 di Tahun 2024, Ini Kata Tokoh Kripto Ternama

Menurut laporan dari Bitcoin News, Hougan dengan antusias mengungkapkan pandangannya terhadap meningkatnya permintaan terhadap ETF Bitcoin Bitwise dan mitra-mitranya. Dia mencatat bahwa ada beragam basis investor yang terlibat. Investor yang terlibat itu termasuk investor ritel, hedge fund, serta penasihat investasi terdaftar (RIA) atau penasihat keuangan independen. Arus masuk minat dari berbagai kalangan ini menunjukkan bahwa Bitcoin semakin diterima dan diakui dalam ekosistem keuangan yang lebih luas.

Dia menyatakan, “Saya percaya akan ada gelombang lebih besar yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan saat kita melihat wirehouses utama mulai terlibat. Ini mirip dengan momen IPO Bitcoin. Kita sedang masuki era baru penemuan harga, dan saya yakin harga bisa melonjak jauh di atas level saat ini.”

ETF

Pada awalnya, lembaga besar tidak berpartisipasi dalam ETF ini, sehingga permintaan utamanya berasal dari investor ritel, penasihat keuangan independen, dan hedge fund. Namun, dengan semakin banyaknya entitas yang terlibat, dinamika permintaan diharapkan bergeser, yang mungkin memperkuat tren kenaikan harga Bitcoin.

Hougan juga menyoroti arus masuk dana yang signifikan ke ETF dari investor institusional dan ritel, menekankan betapa ETF telah mengubah aksesibilitas Bitcoin. Perkembangan ini telah memperluas basis investor potensial secara signifikan, melampaui apa yang pernah diharapkan sebelumnya, dan memperkuat dinamika pasokan dan permintaan.

Mengomentari prediksi Bitwise untuk tahun 2024 yang dibuat pada Desember sebelumnya, Hougan menyadari perlunya merevisi proyeksi tersebut ke atas. Permintaan yang terlihat melalui ETF menunjukkan potensi harga yang lebih tinggi, dengan beberapa perkiraan mencapai di atas US$100.000, US$200.000, atau bahkan lebih, didorong oleh ketidakseimbangan pasokan dan permintaan yang signifikan.

Ketidakseimbangan ini diperparah oleh peristiwa halving yang dijadwalkan pada bulan April, yang merupakan mekanisme dalam protokol Bitcoin yang mengurangi laju produksi Bitcoin baru, dengan demikian, memperketat pasokan lebih lanjut.

Hougan menekankan bahwa investasi saat ini adalah tentang kesederhanaan. Dapat disederhanakan menjadi persamaan dasar pasokan dan permintaan di mana permintaan jauh melebihi pasokan yang tersedia. Mendapatkan momentum lebih lanjut, platform investasi senilai US$30 miliar telah memberikan persetujuan untuk empat ETF Bitcoin spot, termasuk yang ditawarkan oleh Bitwise.

Selain itu, lembaga perbankan besar seperti Merrill Lynch Bank of America dan Wells Fargo juga telah mulai menawarkan ETF Bitcoin spot kepada sejumlah klien. Hal ini menunjukkan adanya penerimaan institusional yang semakin berkembang. CEO Bitwise, Hunter Horsley, membagikan optimisme yang sama dengan Hougan, dengan mengatakan bahwa harga Bitcoin bisa mencapai US$250.000 lebih cepat dari yang banyak orang duga. Prospek optimis ini didukung oleh minat yang signifikan dari investor institusional dan ritel, serta dinamika pasar yang terus berkembang.

Faktor-Faktor yang Mendukung Prediksi Harga BTC US$200.000

Faktor-Faktor yang Mendukung Prediksi Harga BTC US$200.000

Beberapa faktor yang bisa mendorong harga BTC untuk mencapai angka US$200.000 pada tahun 2024 adalah:

1.      Adopsi Institusi yang Semakin Meningkat

Institusi seperti perusahaan, bank, dan dana pensiun mulai mempertimbangkan Bitcoin sebagai bagian dari portofolio investasi mereka. Ini bisa disebabkan oleh peningkatan pemahaman akan manfaat diversifikasi portofolio dengan aset kripto, serta kepercayaan yang semakin tumbuh terhadap potensi jangka panjang Bitcoin sebagai alat penyimpan nilai. Ketika institusi besar memasuki pasar dengan investasi yang signifikan, permintaan terhadap Bitcoin meningkat, yang pada gilirannya mendorong kenaikan harga.

2.      Tren Inflasi dan Ketidakpastian Ekonomi yang Tinggi

Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan tingginya tingkat inflasi. Investor mencari alternatif untuk melindungi nilai kekayaan mereka dari depresiasi mata uang fiat. Bitcoin dianggap sebagai aset “safe haven” yang relatif bebas dari pengaruh faktor-faktor ekonomi makro tradisional. Seperti kebijakan moneter pemerintah atau fluktuasi mata uang fiat. Dalam kondisi ekonomi yang tidak pasti, permintaan akan Bitcoin sebagai aset penyimpan nilai dapat meningkat, menyebabkan kenaikan harga.

3.      Siklus Halving Bitcoin

Setiap empat tahun, hadiah yang diberikan kepada penambang Bitcoin untuk menambang blok baru di jaringan Bitcoin dipangkas setengahnya, sebuah peristiwa yang disebut “halving”. Hal ini membatasi suplai baru Bitcoin yang masuk ke dalam sirkulasi, sementara permintaan terus meningkat. Akibatnya, hukum penawaran dan permintaan menyebabkan kenaikan harga Bitcoin. Dengan halving berikutnya dijadwalkan terjadi pada tahun 2024, banyak investor memperkirakan bahwa hal ini akan menjadi pemicu signifikan untuk pertumbuhan harga Bitcoin.

4.      Kemajuan Teknologi Blockchain

Perkembangan teknologi blockchain, yang merupakan infrastruktur dasar di balik Bitcoin, terus mendorong inovasi dan adopsi lebih lanjut. Aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dibangun di atas platform blockchain juga semakin banyak dan beragam. Semakin banyaknya kasus penggunaan untuk teknologi blockchain dapat merangsang minat dan kepercayaan terhadap Bitcoin sebagai salah satu implementasi utamanya. Dengan demikian, perkembangan teknologi blockchain dapat menjadi faktor yang mendorong permintaan terhadap Bitcoin. Pada gilirannya, mengerek harga ke level yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Dengan demikian, melalui kombinasi dari adopsi institusi yang semakin meningkat. Tren inflasi dan ketidakpastian ekonomi yang tinggi, siklus halving Bitcoin, dan kemajuan teknologi blockchain. Terdapat argumen yang kuat bahwa harga Bitcoin dapat mencapai angka US$200.000 pada tahun 2024. Namun, penting untuk diingat bahwa pasar kripto sangatlah dinamis dan kompleks, dengan banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis yang cermat dan terus-menerus terhadap perkembangan pasar serta faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi nilai Bitcoin.

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment