Kapan Market Bull Crypto Tiba? Analis Berikan Jawabannya!

Indah

Kapan Market Bull Crypto Tiba? Analis Berikan Jawabannya!

Kelasinvestasi.com Kapan Market Bull Crypto Tiba? Analis Berikan Jawabannya! – Selama beberapa tahun terakhir, pasar Market Bull Crypto telah mengalami gelombang naik turun yang mencolok, di mana beberapa momen mengalami lonjakan harga yang signifikan diikuti oleh penurunan yang tajam. Banyak investor kini mulai bertanya-tanya tentang kapan gelombang optimisme berikutnya dalam pasar kripto akan dimulai.

Menyampaikan pandangannya, analis on-chain yang dikenal, Willy Woo, percaya bahwa faktor-faktor fundamental akan menjadi pendorong utama di balik kenaikan harga yang substansial dalam pasar kripto. Dalam pandangannya, pergerakan harga yang sebenarnya akan didorong oleh faktor-faktor dasar yang kuat.

Dia juga mengisyaratkan bahwa masyarakat keuangan tradisional mungkin terkejut dengan potensi pertumbuhan yang ditandai ketika Indeks Makro Bitcoin mencapai level tertentu yang signifikan. Analisis mendalamnya tentang hal ini bisa menjadi bacaan yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut!

Kapan Market Bull Crypto Tiba? Analis Berikan Jawabannya!

Woo membuat prediksi yang menarik bahwa peningkatan indeks Makro Bitcoin mungkin menjadi indikator awal dari dimulainya fase pasar bullish yang baru. Indeks Makro Bitcoin ini tidak sekadar menyelaraskan analisis fundamental dan teknis, melainkan juga memadukannya ke dalam model pembelajaran mesin yang memberikan pandangan yang lebih holistik tentang posisi aset tersebut dalam siklus pasar tertentu.

Dalam model ini, setiap metrik dikalibrasi dengan cermat untuk melihat kontribusinya terhadap gambaran keseluruhan, terutama dalam konteks kinerja Bitcoin. Woo menyoroti bahwa dari hasil analisis model sebelumnya, pasar kripto sepertinya masih belum sepenuhnya memasuki fase bull yang sesungguhnya. Dia menegaskan bahwa fase bull yang sesungguhnya akan dimulai ketika faktor-faktor fundamental memainkan peran utama dalam menentukan harga, bukan hanya dipicu oleh spekulasi atau berita-berita pasar utama.

Ketika kita membahas bagaimana faktor fundamental dapat memengaruhi Bitcoin, kita harus melihat ke belakang pada siklus-siklus pasar yang telah terjadi. Sebagai contoh, keputusan Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga mulai dari Maret 2022 merupakan salah satu faktor fundamental yang telah memberikan dampak signifikan pada harga Bitcoin sepanjang perjalanan siklus ini. Ketika suku bunga mulai dinaikkan dan kebijakan moneter berubah, Bitcoin mengalami fluktuasi harga yang signifikan.

Tidak hanya itu, ketika Terra Luna, FTX, dan proyek-proyek lainnya mengalami kegagalan, tekanan terhadap harga Bitcoin semakin meningkat. Namun, penting untuk dicatat bahwa secara historis, Bitcoin telah menunjukkan kecenderungan untuk menjadi kurang responsif terhadap perubahan kebijakan suku bunga seiring berjalannya waktu dalam suatu siklus. Sebagai contoh, sekitar 11 bulan setelah dimulainya siklus suku bunga, Bitcoin dan S&P 500 mulai menunjukkan korelasi negatif untuk pertama kalinya sejak runtuhnya FTX.

Kapan Pasar Bull Dimulai?

Menurut analisis Rekt Capital, ada kemungkinan bahwa pasar kripto akan memasuki periode bull yang berlangsung dari bulan April hingga kemungkinan antara September dan Oktober 2025. Namun, perlu diingat bahwa prediksi ini merupakan proyeksi belaka, mengingat karakteristik yang sangat fluktuatif dari pasar kripto. Sebagai investor yang bijak, disarankan untuk selalu melakukan riset mandiri secara mendalam dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum mengambil keputusan investasi yang signifikan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Market Bull Crypto

Beberapa faktor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap timing kedatangan periode bullish dalam pasar kripto:

1.      Adopsi Institusional

Salah satu faktor utama yang dapat mendorong laju pertumbuhan adalah adopsi kripto oleh institusi-institusi keuangan seperti bank dan perusahaan investasi. Semakin banyak institusi yang terlibat dalam ekosistem kripto, semakin besar arus modal yang akan mengalir ke dalam pasar tersebut.

2.      Regulasi

Keterbukaan dan kejelasan dalam regulasi pemerintah di berbagai negara juga berperan krusial dalam menggerakkan pasar kripto. Regulasi yang terstruktur dan mendukung perkembangan kripto dapat membangun kepercayaan di kalangan investor, mendorong mereka untuk terlibat lebih dalam dalam pasar ini.

3.      Inovasi

Perkembangan teknologi blockchain dan cryptocurrency juga menjadi pendorong bagi periode bullish. Inovasi-inovasi baru dalam bidang ini mampu menarik minat pengguna baru ke dalam pasar, meningkatkan permintaan terhadap kripto secara keseluruhan.

4.      Kondisi Ekonomi Makro

Kondisi ekonomi global turut memengaruhi pergerakan pasar kripto. Ketika kondisi ekonomi global mengalami ketidakstabilan, investor cenderung mencari aset safe haven, di mana kripto bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi mereka.

Tips untuk Investor Crypto

Di bawah ini, saya akan berbagi beberapa saran yang mungkin berguna bagi para investor di pasar cryptocurrency:

1.      Menggali Lebih Dalam dengan Riset Sendiri

Mengikuti tren dan FOMO (ketakutan kehilangan kesempatan) bisa membuat Anda terjebak dalam arus informasi yang tidak selalu akurat. Sebaliknya, luangkan waktu untuk melakukan riset mandiri tentang cryptocurrency yang ingin Anda pertimbangkan untuk diinvestasikan.

2.      Meraih Keuntungan melalui Diversifikasi

Sebagian besar ahli keuangan setuju bahwa menempatkan semua aset Anda dalam satu investasi adalah risiko yang tidak perlu. Oleh karena itu, bijaksanalah untuk mengalokasikan portofolio Anda ke berbagai cryptocurrency, sehingga risiko dapat tersebar dengan lebih merata.

3.      Menciptakan Keselarasan antara Strategi dan Toleransi Risiko

Setiap investor memiliki tingkat toleransi risiko yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk memilih strategi investasi yang sesuai dengan keberanian Anda dalam menghadapi fluktuasi pasar. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan baik-baik mana yang paling cocok untuk Anda.

4.      Mempraktikkan Keterampilan Menunggu dengan Sabar

Pasar cryptocurrency dikenal karena volatilitasnya yang tinggi. Terlepas dari seberapa terlihat menjanjikan suatu investasi, kepastian profitabilitasnya tidak selalu dapat dijamin. Oleh karena itu, penting untuk tetap tenang dan sabar saat menghadapi perubahan pasar yang tiba-tiba, serta menunggu momentum yang tepat untuk menjalankan strategi Anda.

Demikianlah beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan sebagai investor cryptocurrency. Ingatlah untuk tetap waspada, fleksibel, dan terus memperbarui pengetahuan Anda seiring dengan perkembangan pasar. Semoga sukses dalam perjalanan investasi Anda!

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment