Mengenal Jenis Saham: Saham Biasa vs. Saham Preferen

admin

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling populer di dunia. Ketika Anda membeli saham, Anda pada dasarnya menjadi pemilik sebagian kecil dari sebuah perusahaan. Perusahaan tersebut kemudian menggunakan uang Anda untuk menjalankan bisnisnya dan menghasilkan keuntungan. Jika perusahaan tersebut untung, Anda akan menerima dividen, yang merupakan pembagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang sahamnya.

Saham dapat dibagi menjadi dua jenis utama: saham biasa dan saham preferen. Kedua jenis saham ini memiliki karakteristik dan risiko yang berbeda-beda. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang saham biasa dan saham preferen, serta membandingkan keduanya.

SAHAM BIASA

Saham biasa adalah jenis saham yang paling umum. Pemegang saham biasa memiliki hak untuk memilih dewan direksi perusahaan dan untuk menerima dividen. Namun, saham biasa juga memiliki risiko yang lebih tinggi daripada saham preferen. Jika perusahaan tersebut rugi, maka pemegang saham biasa akan kehilangan uang mereka terlebih dahulu.

Karakteristik Saham Biasa:

  • Pemegang saham biasa memiliki hak untuk memilih dewan direksi perusahaan.
  • Pemegang saham biasa berhak menerima dividen jika perusahaan untung.
  • Saham biasa memiliki risiko yang lebih tinggi daripada saham preferen.
  • Saham biasa biasanya lebih mudah dijual daripada saham preferen.

SAHAM PREFEREN

Saham preferen adalah jenis saham yang memiliki hak istimewa tertentu dibandingkan dengan saham biasa. Pemegang saham preferen biasanya memiliki hak untuk menerima dividen sebelum pemegang saham biasa. Namun, mereka tidak memiliki hak untuk memilih dewan direksi perusahaan.

Karakteristik Saham Preferen:

  • Pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima dividen sebelum pemegang saham biasa.
  • Pemegang saham preferen tidak memiliki hak untuk memilih dewan direksi perusahaan.
  • Saham preferen memiliki risiko yang lebih rendah daripada saham biasa.
  • Saham preferen biasanya lebih sulit dijual daripada saham biasa.

PERBANDINGAN SAHAM BIASA DAN SAHAM PREFEREN

Karakteristik Saham Biasa Saham Preferen
Hak suara Ya Tidak
Hak dividen Setelah saham preferen Sebelum saham biasa
Risiko Lebih tinggi Lebih rendah
Likuiditas Lebih tinggi Lebih rendah
Harga Biasanya lebih rendah Biasanya lebih tinggi

MANA YANG LEBIH BAIK, SAHAM BIASA ATAU SAHAM PREFEREN?

Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada tujuan investasi Anda. Jika Anda mencari investasi yang berisiko tinggi tetapi berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar, maka saham biasa mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, jika Anda mencari investasi yang lebih aman dan stabil, maka saham preferen mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

KESIMPULAN

Saham biasa dan saham preferen adalah dua jenis saham yang memiliki karakteristik dan risiko yang berbeda-beda. Ketika memilih saham untuk diinvestasikan, penting untuk memahami perbedaan antara kedua jenis saham ini agar Anda dapat membuat keputusan investasi yang tepat.

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment