Mengenal Lebih Dekat Tentang Cryptocurrency

Indah

Mengenal Lebih Dekat Tentang Cryptocurrency

Kelasinvestasi.com – Mengenal Lebih Dekat Tentang Cryptocurrency – Cryptocurrency, istilah yang telah merambah ke telinga kita dalam beberapa tahun terakhir, merujuk pada bentuk mata uang digital yang semakin populer di kalangan masyarakat global. Sejak tahun 2013, ketertarikan terhadap cryptocurrency telah meroket, didukung oleh liputan media yang meluas tentang fenomena mata uang digital ini. Namun, seperti halnya hal baru lainnya, kehadiran cryptocurrency tidak luput dari kontroversi dan perdebatan yang membagi pandangan di antara berbagai pihak.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan cryptocurrency, dan mengapa hal ini begitu diminati oleh masyarakat? Bagaimana mekanisme kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita eksplorasi lebih dalam melalui penjelasan yang disajikan oleh kami, yang akan mengurai secara komprehensif tentang konsep dasar, mekanisme, dan fenomena seputar cryptocurrency.

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang yang eksis secara digital, tidak berwujud seperti koin atau uang tunai yang umumnya kita kenal. Berbeda dengan mata uang konvensional yang didukung oleh bank sentral atau pemerintah, cryptocurrency beroperasi secara desentralisasi menggunakan teknologi blockchain.

Menurut Investopedia, cryptocurrency merupakan aset virtual yang nilainya ditentukan oleh pasar. Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, nilainya bisa sangat signifikan. Salah satu keunggulan utama cryptocurrency adalah kemampuannya untuk disimpan dalam dompet digital, yang dapat diakses melalui perangkat smartphone atau komputer. Ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses bagi para pemiliknya.

Selain itu, pemilik cryptocurrency dapat menggunakan mata uang digital ini untuk melakukan transaksi jual-beli secara online, tanpa melibatkan institusi keuangan tradisional. Ini memberikan alternatif yang lebih cepat dan murah dalam melakukan pembayaran dan transfer dana.

Fungsi Cryptocurrency

Fungsi Cryptocurrency

1.      Belanja Barang atau Jasa

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak toko yang mengadopsi cryptocurrency sebagai salah satu opsi pembayaran yang tersedia. Bahkan, perusahaan-perusahaan kenamaan seperti Overstock dan Newegg telah melangkah dalam menerima mata uang digital ini.

Tidak hanya itu, fasilitas penggunaan cryptocurrency juga telah merambah ke berbagai sektor, mulai dari restoran, hotel, hingga layanan penerbangan, aplikasi, dan bahkan bar. Bahkan, menariknya, beberapa perguruan tinggi juga telah mulai mengakomodasi pembayaran dengan cryptocurrency. Meski demikian, Bitcoin masih mendominasi sebagai pilihan utama di banyak perusahaan.

2.      Investasi

Ketika popularitas cryptocurrency melonjak, harganya pun melejit dengan cepat. Fenomena ini mendorong banyak individu meraih kekayaan secara tiba-tiba melalui investasi dalam mata uang digital tersebut. Konsepnya sebenarnya mirip dengan prinsip-prinsip ekonomi konvensional, di mana harga akan naik seiring dengan meningkatnya permintaan. Namun, belakangan ini, kenaikan harga cryptocurrency tidak lagi sehebat seperti beberapa tahun sebelumnya. Perlu diingat bahwa investasi dalam cryptocurrency juga dianggap memiliki risiko yang tinggi.

3.      Pertambangan

Aktivitas pertambangan atau “mining” memiliki peranan vital dalam jaringan cryptocurrency. Pada dasarnya, para pengguna harus menyelesaikan teka-teki kriptografi yang kompleks untuk memverifikasi transaksi dan mencatatnya dalam ledger yang terdistribusi, yang disebut blockchain.

Proses memecahkan teka-teki tersebut, yang biasa disebut “mining”, memerlukan daya komputasi yang besar. Semakin tinggi kemampuan komputasi yang dimiliki pengguna, semakin besar peluang mereka untuk berhasil menyelesaikan teka-teki tersebut. Apabila berhasil, pengguna akan diberi imbalan dalam bentuk biaya transaksi sebagai insentif atas usaha mereka.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Menurut NerdWallet, pasar kripto saat ini menampilkan lebih dari 2.200 variasi mata uang digital yang diperdagangkan secara terbuka. Per tanggal penulisan artikel ini, total kapitalisasi pasar kripto telah menembus angka US$266.172.890.753, seperti yang tercatat di situs Coin Market Cap. Fakta ini menegaskan bahwa sejumlah besar mata uang kripto telah mendapatkan penerimaan luas di kalangan publik. Di bawah ini, kami akan menguraikan beberapa contoh kripto yang populer dan aktif diperdagangkan.

1.      Bitcoin

Bitcoin, sebagai pelopor dalam dunia kripto, tetap menjadi salah satu yang paling diminati hingga saat ini. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh individu atau kelompok yang dikenal dengan nama Satoshi Nakamoto, Bitcoin telah menjadi ikon dalam ranah kripto.

Menurut salah satu sumber terpercaya, pada November 2019, lebih dari 18 juta Bitcoin telah diperdagangkan, dengan total nilai pasar sekitar US$146 miliar. Bahkan, saat ini, sekitar 68% dari pasar kripto masih dikuasai oleh Bitcoin. Dengan begitu banyaknya minat, apakah Anda tertarik untuk mulai berinvestasi dalam Bitcoin? Untuk informasi lebih lanjut tentang mata uang kripto ini, kami sarankan Anda membaca artikel kami yang mengulasnya secara rinci.

2.      Litecoin

Litecoin muncul sebagai salah satu varian kripto yang hadir sejak awal perkembangan mata uang digital. Diluncurkan pada tahun 2011, Litecoin diciptakan sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang mempercepat proses pembentukan blok blockchain-nya. Keunggulan utama Litecoin adalah kecepatan transaksi yang lebih tinggi tanpa memerlukan kekuatan komputasi yang besar. Namun, kelebihan Litecoin tidak berhenti di situ. Untuk informasi lebih lanjut tentang keistimewaan Litecoin, kami mengundang Anda untuk membaca artikel kami yang mengulasnya secara komprehensif.

3.      Dogecoin

Dogecoin, yang merupakan turunan dari Litecoin, mulai beredar pada bulan Desember 2013. Dengan menggunakan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya, Dogecoin dikenal sebagai salah satu kripto yang paling ramah dan berorientasi pada kegiatan sosial. Komunitas Dogecoin seringkali terlibat dalam kegiatan amal dan donasi.

4.      Bitcoin Cash

Bitcoin Cash, yang diluncurkan pada bulan Agustus 2017, telah meraih posisi sebagai salah satu dari lima besar kripto terbaik. Mata uang digital ini diciptakan sebagai respons terhadap ketidaksetujuan sekelompok pengguna Bitcoin terhadap beberapa aturan yang ada. Mereka memutuskan untuk memisahkan diri dan menciptakan Bitcoin Cash sebagai alternatif. Selain itu, mereka juga melakukan beberapa perubahan yang dianggap lebih baik dari versi aslinya. Untuk informasi lebih lanjut tentang Bitcoin Cash, kami mengundang Anda untuk membaca artikel kami yang merangkumnya secara lengkap.

5.      Feathercoin

Feathercoin adalah salah satu kripto yang bersifat open source, diciptakan oleh Peter Bushnell, seorang petugas IT di Brasenose College, Oxford University, pada bulan April 2013. Selanjutnya juga mempunyai persamaan dengan Litecoin dan sudah dilisensikan di bawah MIT/X11.

Kesimpulan

Dengan begitu banyaknya opsi, penting untuk melakukan riset dan memahami setiap kripto sebelum melakukan investasi. Jangan ragu untuk terus menggali informasi lebih lanjut dan tetap waspada terhadap risiko yang terkait. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna bagi Anda dalam menjelajahi dunia mata uang kripto. Terima kasih telah membaca!

Bagikan:

Related Post

Leave a Comment